MANAberita.com  – TAMPIL cantik dan sempurna tentu menjadi idaman semua perempuan. Maka beragam cara pun dilakukan untuk mendapatkan penampilan andalan. Tapi ternyata masih banyak perempuan yang melakukan kesalahan-kesalahan yang berhubungan dengan make up. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan:

  • Tidak menggunakan corrector

Lingkaran hitam di mata bisa menjadi hal yang menyebalkan. Semakin bertambahnya usia, lingkaran hitam akan semakin terlihat. Untuk menyiasati maka perlu menggunakan concealer dengan corrector, karena bila hanya menggunakan tangan saja, tidak cukup rata.

Melewatkan pelembap

Meski kulitmu berminyak, pelembap tetaplah dibutuhkan. Pasalnya, pelembap dapat membuat tekstur wajah lebih halus dan lembut sehingga make up lebih menempel.

Menumpuk alas bedak

Alas bedak butuh waktu untuk mengering dan meresap sempurna di wajah. Maka sebaiknya jangan terlalu cepat menumpuk alas bedak dengan make up lain.

Alas bedak berlebihan

Untuk mendapatkan coverage yang sempurna, maka menggunakan alas bedak secara tebal. Padahal hal ini tidak akan berfungsi banyak, sebab alas bedak memiliki tingkat coverage yang berbeda-beda.

Menghapus makeup dengan kasar

Menggosok wajah dengan kasar dianggap bisa membersihkan sisa makeup dengan maksimal. Padahal hal ini akan membuat kulit menjadi iritasi dan kehilangkan kelembapan alami kulit.

Mencoba-coba make up

Banyak perempuan terjebak untuk mencoba banyak make up karena terlalu menginginkan semua manfaat yang ada pada produk kecantikan. Padahal kulit setidaknya membutuhkan waktu sekitar satu hingga tiga bulan untuk menyesuaikan dengan make up.

Berdandan setiap hari

Kurangi kebiasaan berdandan setiap hari. Alasannya karena kulit juga butuh waktu untuk bernafas tanpa perlu ditutupi dengan beraneka macam jenis make up. Membiarkan kulit dipenuhi tumpukan make up seharian akan membuat kulitu rusak dan memudahkan komedo serta jerawat untuk muncul.

Lupa perawatan bibir

Beberapa perempuan sering melupakan perawatan bibir karena sibuk dengan perawatan wajah dan mata. Padahal jika sering berganti-ganti lipstik juga bisa membuat bibir menghitam dan kering. Sebaiknya oleskan pelembap bibir sebelum tidur dan pastikan untuk memilih produk dengan kandungan SPF saat berada di luar.

Tidak menghapus make up sebelum tidur

Tidur tanpa menghapus make up dapat berdampak buruk bagi kulit. Jika make up dan kotoran masih menempel, pori-pori kulit akan tersumbat dan dapat menimbulkan jerawat. Sebaiknya saat tidur, wajah harus dalam keadaan bersih sehingga kulit bisa bernapas dengan lega.

Make up sudah kedaluwarsa

Banyak perempuan yang lupa kapan pertama kali mereka menggunakan produk make up yang dibelinya. Mereka juga tidak tahu jika setiap produk kecantikan memiliki masa kedaluwarsa yang berbeda-beda. Sehingga masih saja menggunakan produk-produk tersebut meski sudah kedaluwarsa.

Jarang mencuci kuas make up

Kuas make up yang digunakan juga harus rajin dibersihkan. Cucilah kuas setiap dua minggu sekali, untuk menghilangkan kuman dan debu yang menempel pada kuas.

Baca Juga
Tips Mengatasi Wajah Kusam Untuk Kamu yang Suka Berpanas-Panasan
Mau Kulit Putih Kenyal? Cobain Masker Susu Kental Manis, Yuk!
Tips Memakai Maskara untuk Pemula, Intip Caranya!

Tabir surya dengan kandungan SPF tinggi

Menggunakan tabir surya ber-SPF tinggi untuk sehari-hari sebenarnya tidak perlu. Karena tetap harus mengoleskannya setiap 2-3 jam sekali. Jadi, meskipun menggunakan SPF 50, bukan berarti kulit bebas terpapar sinar matahari selama seharian.