MANAberita.com —NARKOTIKA awalnya membuat penggunanya merasa senang, tetapi secara perlahan, zat-zat tersebut akan memberikan efek samping yang membahayakan kepada orang yang mengonsumsinya.

Penggunaan narkoba mungkin pada awalnya hanya sekedar coba-coba saja, tetapi perlahan narkoba menjerat kehidupan penggunanya dan membuatnya sulit untuk lepas dari zat terlarang tersebut.

Tanpa disadari, pengguna narkoba sebenarnya berkeliaran di sekitar Anda dan membutuhkan bantuan uluran tangan untuk bisa lepas dari jeratan zat terlarang tersebut.

Apa saja ciri-ciri pengguna narkoba?

Menolong pengguna narkoba perlu dilakukan agar mereka tidak semakin terjerumus dan akhirnya mengakibatkan kematian. Untuk membantu orang yang terikat dengan narkotika, Anda tentunya perlu memahami ciri-ciri pengguna narkoba.

Lantas, seperti apa ciri-ciri pengguna narkoba? Berikut adalah beberapa ciri-ciri pengguna narkoba yang dapat terlihat, dilansir dari SehatQ.

Perubahan penampilan fisik

Ciri-ciri pengguna narkoba yang paling terlihat adalah adanya perubahan penampilan fisik. Dari segi pakaian, pengguna narkoba bisa saja dulu berpenampilan rapi, tetapi tiba-tiba menjadi serampangan.

Pengguna narkoba juga mengalami perubahan fisik lain, seperti terlihat lebih kurus, berkulit pucat, pupil yang membesar, gigi yang membusuk, rambut yang lebih sedikit, memiliki luka yang tak kunjung sembuh, dan mata yang kering atau berwarna merah.

Kesulitan untuk menikmati berbagai aktivitas

Narkotika mampu mengurangi energi emosional penggunanya dan membuat pengguna narkoba kesulitan untuk bisa menikmati aktivitas-aktivitas menyenangkan yang dulu disenangi.

Selain itu, waktu yang dimiliki oleh pengguna narkoba sebagian besar akan digunakan untuk memikirkan atau mengonsumsi zat terlarang tersebut.

Suka berbohong dan memanipulasi

Pengguna narkoba akhirnya akan berbohong dan memanipulasi orang-orang di sekitarnya untuk mendapatkan lebih banyak narkotika. Selain itu, ia akan memanipulasi kondisi nya sehingga sekitarnya tidak ada yang menyangka bahwa ia adalah pengguna.

Mudah sakit

Ciri-ciri pengguna narkoba lainnya adalah lebih rentan sakit. Hal ini karena narkotika menurunkan daya tahan tubuh pengguna. Pengguna narkoba akan lebih mudah mengalami infeksi bakteri, pneumonia, pilek, flu, serangan alergi, dan penyakit lainnya.

Merasa malu dan bersalah

Orang yang menggunakan narkoba biasanya akan merasa malu dan bersalah karena mengonsumsi zat terlarang tersebut. Akan tetapi, mereka masih membutuhkan senyawa narkotika karena ada dorongan dari dalam dirinya akibat kecanduan.

Sakau

Sakau terjadi saat pengguna narkoba tidak mendapatkan asupan narkotikanya dan menjadi ciri utama dalam mengenali orang yang mengonsumsi narkotika.

Saat sakau, pengguna narkoba akan mengalami gejala berupa sakit kepala, menjadi sangat cemas, detak jantung makin cepat, mengalami serangan panik, menggigil, lemas, kram otot, dan insomnia.

Tidak bertanggung jawab

Meskipun bukan ciri utama pengguna narkoba, tetapi ciri pengguna narkoba yang cukup terlihat adalah mengabaikan tanggung jawab demi mengutamakan narkotika, misalnya tidak mengurus anak, bolos sekolah, dan sebagainya.

Suasana hati yang berubah-ubah

Salah satu ciri-ciri pengguna narkoba adalah suasana hati yang dapat berubah dengan cepat akibat dari ketidakseimbangan zat kimia dalam tubuh. Pengguna narkoba dapat mengalami paranoia, mudah kesal, depresi, dan kecemasan yang muncul secara tiba-tiba.

Impulsif

Pengguna narkoba makin lama akan makin sulit untuk berpikir secara logis dan akhirnya cenderung memilih melakukan hal-hal yang berisiko dan patut untuk dipertanyakan.

Sangat tertutup

Awalnya pemakai narkoba bisa merupakan seseorang yang terbuka, tetapi saat narkotika menjerat hidupnya, pengguna narkoba dapat menjadi sangat tertutup dan bahkan melarang orangtua dan teman untuk masuk ke dalam kamarnya.

Memiliki masalah keuangan

Tiba-tiba ingin meminjam uang tanpa alasan yang jelas bisa menjadi salah satu ciri pengguna narkoba. Terkadang pemakai narkoba bisa mencuri uang atau menjual barang-barang yang dimiliki untuk membeli narkotika.

Sering menyalahkan orang lain

Ciri-ciri pengguna narkoba yang perlu diperhatikan adalah sering menyalahkan orang lain. Pemakai narkoba akan cenderung menyalahkan orang lain akan setiap masalah yang dialami dan membuat berbagai alasan agar tidak terlihat salah.

Melakukan tindakan kriminal

Pengguna narkoba akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan narkotika secara impulsif. Salah satunya adalah dengan melakukan tindakan kriminal, seperti mencuri, merampok, dan sebagainya.

Baca Juga
Meskipun Lega, Inilah Dampak Buruk Minum Air Es Terus Menerus!
Daripada Malu Karena Tembus di Tengah Jalan, Mending Cobain Alternatif Pembalut yang Ampuh Banget
Tips Menemukan HP yang Hilang atau Dicuri

Halusinasi dan delusi

Ciri-ciri pengguna narkoba yang satu ini akan muncul bila adiksi yang dialami sudah parah. Pengguna narkoba dapat kehilangan kontak dengan realita serta mulai berhalusinasi dan berdelusi. (Alz)