Ilustrasi

MANAberita.com – SEBELUM tidur biasanya paling asyik main ponsel. Baik sekadar scroll media sosial atau nonton film di ponsel.

Tapi ternyata kebiasaan main ponsel di malam hari bisa menyebabkan beberapa penyakit lho. Sinar biru pada smatrphone di malam hari lebih tajam, sehingga bisa memengaruhi penglihatan hingga produksi hormon melatonin.

Dilansir dari Indozone, inilah beberapa penyakit yang diakibatkan kebiasaan main ponsel di malam hari.

  1. Memengaruhi Durasi Tidur

Sinar biru pada ponsel bisa memengaruhi produksi melatonin yang merupakan salah satu hormon yang membantu seseorang untuk tidur dan mengatur siklus tidur. Penggunaan ponsel sebelum tidur bisa membuat kurang tidur karena pikiran kamu aktif. Kemudian, keinginan kompulsif untuk memeriksa telfon membuat kamu semakin menunda tidur.

  1. Merusak Retina

Sinar biru memiliki panjang gelombang terpendek yang dapat memengaruhi penglihatan. Dalam jangka waktu panjang, hal ini bisa menyebabkan kerusakan retina.

Menurut American Macular Degeneration Association, sinar biru yang dipancarkan dari ponsel bisa menyebabkan kerusakan retina permanen dan menyebabkan degenerasi makula.

  1. Meningkatkan Risiko Depresi

Tidak hanya memengaruhi fisik, kebiasaan main ponsel di malam hari bisa meningkatkan risiko depresi. Kamu jadi rentan depresi ketika cahaya biru dari layar ponsel mengganggu hormon dan pola tidur. Selain itu, tingkat energi rendah di siang hari dan pemikiran tak jernih karena kurang tidur dapat memicu lemah emosional dan mental.

Baca Juga
Sempat Dikira Sel Kanker, Ternyata Inilah Manfaat Pemakaian Liquid Bra, Adem Bener
Wajib Tahu, 5 Tanda Anda Hamil Bayi Kembar
Wahai Pria! Pakai Celana Jenis Ini Jika Ingin Sperma Bagus dan Cepat Punya Anak
  1. Meningkatkan Risiko Kanker

Asosiasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa ponsel bisa menyebabkan kanker karena radiasi elektromagnetik yang dikaitkan dengan jenis kanker tertentu. Paparan sinar biru yang berkepanjangan dan pengaruhnya pada siklus tidur terbukti meningkatkan risiko kanker payudara dan prostat.

  1. Memengaruhi Memori

Terlalu banyak main gadget juga bisa memengaruhi otak kamu. Penggunaan ponsel di malam hari dan tidur yang terganggu membuat otak tidak bisa memperbaiki koneksi yang rusak selama hari itu. Inilah alasannya kenapa kamu tidak bisa berpikir jernih di pagi hari saat kurang tidur. (Dil)