Ilustrasi

MANAberita.com — TELINGA tersumbat bukanlah kondisi yang sepatutnya disepelekan. Sebab, telinga tersumbat bisa menyebabkan banyak gejala merugikan, misalnya telinga terasa nyeri, muncul suara berdenging, penurunan pendengaran, pusing, hingga batuk. Maka dari itu, mengetahui cara mengatasi telinga tersumbat, sangatlah penting.

Sama halnya seperti hidung, telinga juga bisa tersumbat. Apalagi kalau produksi kotoran telinga Anda berlebih, sering bepergian menggunakan pesawat terbang, atau hobi menyelam ke dasar laut. Mari kenali 8 cara mengatasi telinga tersumbat ini.

Cara mengatasi telinga tersumbat yang ampuh

Sebagai salah satu organ terpenting bagi manusia, kesehatan telinga tentu harus dijaga. Itulah sebabnya, telinga tersumbat bukanlah kondisi yang bisa Anda acuhkan begitu saja. Pahami beberapa cara mengatasi telinga tersumbat, di bawah ini.

Cara mengatasi telinga tersumbat karena kotoran

Secara alami, telinga Anda memproduksi kotoran. Akan tetapi, ada sebagian orang, yang telinganya memproduksi kotoran, lebih banyak daripada orang pada umumnya. Jika hal ini terjadi, lakukanlah beberapa hal di bawah ini:

  1. Melunakkan kotoran telinga

Kotoran telinga bisa mengeras dan sulit untuk dikeluarkan dari dalam telinga. Ketika hal ini terjadi, teteskan saja, seperti gliserin, yang bisa menjadi pilihannya. Teteskan sebanyak 2-3 kali, hingga kotoran telinga melunak, dan mudah dibersihkan.

  1. Jarum suntik telinga

Jarum suntik telinga adalah alat yang bisa membantu Anda, untuk mengeluarkan kotoran telinga, yang menyumbat telinga.

Jika sudah melakukan tahap yang pertama (melunakkan kotoran telinga), kini saatnya Anda memasukkan air bersih ke dalam telinga, menggunakan jarum suntik telingga. Setelah itu, gerakan kepala ke bagian samping, agar gravitasi dapat membantu mengeluarkan kotoran telinga Anda, dengan air yang sudah dimasukkan.

Namun, cara mengatasi telinga tersumbat ini tidak boleh dilakukan, bagi mereka yang memiliki lubang di gendang telinga. Sebab, hal ini bisa menyebabkan, air masuk lebih dalam ke telinga.

Cara mengatasi telinga tersumbat di dalam pesawat

Bepergian menggunakan pesawat, juga bisa membuat telinga tersumbat. Bahkan, rasa sakit bisa muncul, ketika tekanan pesawat, muncul. Jika hal ini terjadi, lakukanlah beberapa cara mengatasi telinga tersumbat, di bawah ini:

  1. Melakukan valsalva maneuver

Valsalva maneuver bisa dilakukan, untuk menyesuaikan kembali tekanan di dalam telinga. Cukup tarik napas dengan dalam, jepit hidung dengan ibu jari dan telunjuk, kemudian tutup mulut Anda. Setelah itu, cobalah hembuskan napas lewat lubang hidung yang sudah tertutup itu.

  1. Melakukan teknik pasif

Selain valsava maneuver, ada beberapa teknik pasif lainnya, yang bisa dilakukan untuk menyesuaikan kembali tekanan di dalam telinga, seperti menguap, minum air, mengunyah permen karet, atau menelan makanan.

  1. Memasang earplugs (penyumbat telinga)

Alat penyumbat telinga ini, memiliki filter khusus yang dirancang untuk meningkatkan aliran udara dan menyeimbangkan tekanan dalam telinga. Anda bisa menggunakannya, untuk menghindari telinga tersumbat, ketika sedang berada di dalam pesawat.

Belum ada bukti ilmiah yang bisa menjelaskan efektivitas dari penyumbat telinga ini. Namun, laporan anekdotal atau hasil pengumpulan data melalui pengamatan langsung menunjukkan, penyumbat telinga bisa mencegah telinga tersumbat.

  1. Mengonsumsi obat dekongestan

Meminum obat dekongestan sebelum melakukan bepergian dengan pesawat, bisa membantu mencegah pembengkakan selaput lendir, yang sering menyebabkan tekanan pada telinga.

Namun, cara mengatasi telinga tersumbat ini, disebut lebih efektif sebagai langkah pencegahan saja.Tidak heran, University of California di Berkeley, Amerika Serikat, merekomendasikan untuk mengonsumsi obat dekongestan, sekitar 1 jam, sebelum pesawat terbang.

Cara mengatasi telinga tersumbat untuk perenang

Dalam dunia medis, telinga tersumbat yang dirasakan oleh para penyelam, dikenal sebagai swimmer’s ear (otitis externa) atau telinga para perenang. Hal ini terjadi, saat ada infeksi, yang diakibatkan oleh lembapnya bagian dalam telinga. Alhasil, bakteri pun berkembang biak di dalamnya.

Menjaga telinga tetap kering

Keringkan telinga Anda, sesaat setelah mandi, berenang, atau menyelam di laut. Namun, keringkan bagian luar telinga saja, menggunakan lap kering yang bersih.

Selain itu, Anda juga bisa memposisikan kepala ke samping, agar air yang masuk ke dalam telinga, bisa keluar lewat saluran telinga.

Alat pengering rambut juga bisa digunakan, untuk mengeringkan bagian dalam telinga Anda. Posisikan hair dryer, sekitar 0,3 meter dari bagian telinga. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kerusakan telinga.

Agar telinga tidak tersumbat, saat sedang menyelam atau berenang, jagalah kekeringan telinga Anda, dengan mengikuti tips di atas.

Segera ke dokter jika hal ini terjadi

Beragam penyebab telinga tersumbat pun membutuhkan perawatan yang berbeda, oleh dokter. Sebelum Anda melakukan cara mengatasi telinga tersumbat di atas ini, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter, untuk mengetahui cara yang paling aman.

Apalagi, jika telinga tersumbat, sampai menyebabkan beberapa hal di bawah ini:

Demam tinggi mencapai 38 derajat Celsius atau lebih

Nyeri di telinga yang tak kunjung hilang

Cairan berdarah atau bernanah dari dalam telinga

Penurunan kemampuan mendengar

Baca Juga
Mengandung Asbes dan Dapat Menyebabkan Kanker, Bedak Bayi Johnson & Johnson Ditarik dari Pasaran
Hati-Hati, Inilah Penyebab Wanita Sulit Hamil
Tips Alami Atasi Keputihan Pada Wanita

Pusing yang tidak membaik

Perawatan telinga bukanlah hal yang dapat diremehkan. Karena sangat sensitif, telinga bisa terluka dengan mudah. Maka dari itu, berkonsultasilah dulu dengan dokter, sebelum melakukan cara mengatasi telinga tersumbat di atas., (Alz)