Ilustrasi

MANAberita.com — KEPALA Bagian Humas Pemerintah Kota Malang, Nur Widianto, mengungkapkan seluruh pasien yang positif terinfeksi virus corona atauCovid-19 di Kota Malang, Jawa Timur, dinyatakan sembuh.

Hal tersebut diketahui setelah dua pasien yang terakhir dirawat menunjukkan negatif Covid-19 setelah dilakukan tes swab. Sementara satu lainnya dinyatakan sembuh secara klinis oleh dokter.

Nur Widianto menuturkan, kedua pasien itu dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Saiful Anwar (RSSA) Kota Malang dan Rumah Sakit Tentara Soepraoen.

“Satu pasien yang dinyatakan negatif, kata dia, lantas diperbolehkan pulang. Sedangkan satu pasien lain masih menunggu hasil swab. Meski begitu, pasienitu sudah dinyatakan sembuh secara klinis oleh tim dokter,” katanya, mengutip Kompas.com.

Saat ini, kedua pasien itu sudah dipulangkan dari rumah sakit. Meski begitu, keduanya tetap diminta menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan dari pihak Satgas Covid-19 Kota Malang.

“Pasien dibolehkan pulang dan diisolasi mandiri dengan pengawasan ketat,” ujar Widianto.

Pasien tidak diperbolehkan keluar dari rumah dan diminta menjalankan aktivitasnya dari dalam rumahnya.

“Semuanya tetap dalam pantauan, dan tetap kita minta untuk isolasi mandiri dulu, artinya aktivitas di rumah saja. Pun demikian dengan kontak erat, dalam hal ini keluarga,” tuturnya.

Sebelumnya, pasien yang dirawat di RSSA Kota Malang dinyatakan positif corona pada Rabu (25/03). Sedangkan pasien yang dirawat di Rumah Sakit Tentara Soepraoen dinyatakan positif corona pada Jumat (27/03).

Sedangkan satu pasien positif lainnya sudah dinyatakan sembuh lebih dulu daripada dua pasien terakhir. Pasien itu juga menjalani perawatan di RSSA Kota Malang.

Dengan demikian, total tiga pasien positif corona di Kota Malang sudah sembuh semua. Namun demikian, Widianto meminta warga tetap waspada dengan mematuhi aturan yang telah dibuat pemerintah. 

“Kepada warga Kota Malang kembali kami titipkan pesan untuk mematuhi imbauan akan social distancing, activity at homedan physical distancing serta tentunya jaga pola hidup sehat,” katanya. 

“Karena saudara kita yang dinyatakan sembuh itu juga karena peningkatan secara bertahap akan daya imunnya. Corona bisa disembuhkan, tapi lebih baik dan lebih utama corona tidak hadir pada kita semua.” 

Sementara itu, jumlah pasien dalam pengawasan yang masih menjalani perawatan di Kota Malang sebanyak enam orang.

Dua orang dirawat di Rumah Sakit Lavalette, dua orang di Rumah Sakit Panti Waluyo Sawahan, satu orang di RSUD Kota Malang dan satu orang lagi di Rumah Sakit Prima Husada.

Baca Juga
Terus Tak Diakui, Ternyata Inilah Tanggal Pernikahan Kriss Hatta dan Hilda Vitria!
Drivernya Tak Dibayar dan Dimarahi, Gojek Bakal Blacklist Penumpang yang Tidak Mau Bayar
Bendera Indonesia Terbalik, Jokowi : Tidak Usah Dibesar-Besarkan

Sementara itu, jumlah pasien dalam pengawasan yang masih menjalani perawatan di Kota Malang sebanyak enam orang.

Dua orang dirawat di Rumah Sakit Lavalette, dua orang di Rumah Sakit Panti Waluyo Sawahan, satu orang di RSUD Kota Malang dan satu orang lagi di Rumah Sakit Prima Husada. (Dil)