Daniel Radcliffe

MANAberita.com — BARU-baru ini, beredar sebuah kabar mengejutkan bahwa aktor Harry Potter, Daniel Radcliffe dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Kabar mengejutkan ini tersebar di jagat Twitter, yang dicuitkan oleh sebuah akun yang mengatasnamakan BBC News.

Dalam cuitan itu, akun BBCNewsTonight mengungkapkan bahwa Daniel positif mengidap virus corona dan Daniel menjadi seleb pertama yang terinfeksi corona.

“Breaking: Daniel Radcliffe positif mengidap coronavirus, aktor ini merupakan orang terkenal pertama yang dikonfirmasi secara publik,” tulis pemilik akun tersebut pada 11 Maret 2020, melansir Indozone.

Sontak saja cuitan ini membuat banyak orang terkejut. Bahkan, cuitan tersebut sempat diretweet oleh media lain, seperti media dari New York Times, CBS News, dan Politico.

Namun, ternyata isi dalam cuitan itu tidak benar sama sekali alias hoaks. Akun yang mengunggah berita tersebut bukanlah akun resmi BBC, melainkan akun palsu. Akun tersebut memakai logo BBC dan menautkan link yang saat diklik akan menuju sebuah situs yang sudah tidak aktif sejak tahun 2017.

Rumor Daniel yang terinfeksi virus corona ini juga dibantah oleh perwakilan Daniel. Media-media yang sempat meretweet cuitan tersebut pun ikut meminta maaf karena dengan mudahnya menyiarkan kabar yang belum tentu kebenarannya.

Dilansir dari BuzzFeed News, pelaku penyebar hoaks ini mengungkapkan bahwa alasan mereka menuliskan cuitan itu karena merasa bahwa menipu orang adalah perbuatan yang menyenangkan.

Baca Juga
Diduga Dikonsumsi Oleh Medina Zein, Benarkah Amphetamine Bisa Mengobati Bipolar
Alhamdulillah! Seluruh Pasien Positif Corona di Malang Dinyatakan Sembuh
Pakaian Habis Dicuri di Bagasi Pesawat, Inilah Curhatan Evelyn

“Mereka bilang lucu rasanya ketika menipu pikiran orang-orang, ternyata internet sudah merendahkan IQ orang-orang,” tulis BuzzFeed News.

Mereka sengaja memilih Daniel sebagai target hoaks karena sosoknya yang sudah tak banyak dibicarakan orang-orang, namun saat ada berita maka akan membuat orang terkejut. (Dil)