Membuat masker sendiri

MANAberita.com — SEJAK merebaknya virus corona, masker menjadi salah satu barang yang banyak diburu oleh orang-orang. Hal ini membuat harga masker naik dengan sangat drastis.

Selain mengalami kenaikan harga, masker pun sangat sulit untuk dicari di apotek atau supermarket.

Daripada membeli makser dengan harga fantastis, sebenarnya kamu bisa membuat masker ala ilmuwan Hong Kong dengan bahan dan alat yang mudah ditemukan.

Metode ini dibagikan oleh tiga orang ilmuwan yaitu Profesor Alvin Lai, dokter Joe Fan, dan dokter Iris Li dari Universitas Rumah Sakit Hong Kong-Shenzhen. Mereka menunjukkan cara mudah membuat masker sendiri di rumah.

Melansir Indozone, Untuk membuat masker sendiri, kamu hanya menyiapkan bahan berupa tisu dapur yang berbahan tebal, tisu, karet atau benang, alat pembolong kertas, selotip kertas dan gunting.

Selain itu, diperlukan pula kawat baja yang dilapisi plastik (bisa menggunakan kawat untuk menggulung headphone), kacamata, dan folder kertas plastik, dan klip.

Setelah barang-barang siap, langkah pertama yang harus dilakukan ialah mencuci tangan memakai sabun dengan bersih. Lalu, potong selembar tisu dapur yang bersih dan letakkan di atas meja.

Langkah selanjutnya, ambil tisu biasa dan tumpukkan di atas tisu dapur tadi. Kemudian potong tumpukan tisu itu menjadi dua bagian. Gunakan selotip kertas untuk menempelkan kedua sisinya.

Lalu, lubangi kedua sisi dengan pembolong kertas untuk menaruh tali. Langkah selanjutnya, ambil kawat plastik dan taruh di bagian atas untuk bagian hidung kemudian tutup dengan selotip.

Setelah itu, masukkan benang atau karet di kedua sisi masker yang tadi sudah dilubangi.

Baca Juga
10 Cara Mengatasi Sariawan yang Ampuh Banget!
Kesalahan-Kesalahan ini Justru Membuat Mie Instan Favoritmu Menjadi Tidak Sehat
Hilangkan Jerawat Dengan 7 Cara Alami, Gak Bakalan Alergi dan Iritasi!

Untuk perlindungan yang lebih ekstra lagi, kamu bisa membuat penutup mata dan wajah dari folder plastik.

Kamu hanya perlu memotong plastik itu menjadi satu bagian dan lekatkan pada kacamata memakai klip untuk menutupi bagian depan wajah. (Ila)