MANAberita.com – PERSOALAN kuota internet di kalangan mahasiswa cukup menjadi beban. Apalagi dengan adanya kuliah online yang dilakukan akhir-akhir ini.

Namun, masalah kuota internet ini tampaknya menemukan jalan keluarnya bagi mahasiswa di 3 Universitas ini, Universitas mana saja??

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperpanjang status keadaan darurat bencana wabah virus corona hingga 29 Mei 2020. Hal itu berpengaruh pada kegiatan kuliah online di kampus yang ikut diperpanjang.

Untuk mendukung proses pembelajaran jarak jauh tersebut, sejumlah kampus memberikan fasilitas kepada mahasiswa berupa kuota internet gratis. Tiga di antaranya yaitu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Dian Nuswantoro Semarang (Udinus). Informasi soal kuota gratis ini beredar di media sosial dan viral.

UMY memberikan bantuan kepada seluruh mahasiswa aktif selama tiga bulan terhitung sejak Maret sampai dengan Mei 2020 sebesar Rp 150.000 setiap bulan.

“Bantuan ini ditujukan untuk seluruh mahasiswa aktif, besar jumlahnya adalah Rp 150.000 per bulan melalui skema pemotongan Uang Kuliah Tunggal (UKT) semester selanjutnya. Maka total potongan yang akan diberikan sebesar Rp 450.000,” kata Kepala Humas UMY, Tutur Hijriyah Oktaviani seperti dilansir dari kumparan, Senin (28/03).

Sedangkan Undip memberikan bantuan dengan nominal pulsa Rp 50.000 per bulan khusus mahasiswa Bidikmisi. Bantuan ini telah diproses sejak Kamis tanggal 26 Maret 2020.

“Ya benar, Undip melalui surat tersebut akan memberi bantuan kepada Mahasiswa Bidikmisi dan Mahasiswa dengan UKT golongan 1 dan 2,” ucap Kasubag TU UPT Humas dan Media Undip, Utami Setyowati kepada kumparan.

Baca Juga
7 Kata Kunci ini Sebaiknya Tidak Kamu Cari di Google Jika Tak Ingin Mati Ketakutan
Edan! Tak Diberi Uang Beli Kuota Main PUBG, Remaja ini Penggal Kepala Bapak Kandungnya
Abi, Menapak Sukses Bisnis Kuliner dengan Beriklan di Media Online

Sedangkan Udinus, akan memberikan subsidi kuota internet sebesar Rp 200.00 selama pelaksanaan perkuliahan dan ujian online yang telah dimulai sejak 16 Maret dan diperpanjang sampai dengan 30 April 2020.

“Untuk mekanisme pemberiannya dengan memberikan potongan UKT mahasiswa pada semester berikutnya nanti dengan nominal tersebut, sehingga tagihan UKT otomatis akan dikurangi,” kata Humas Udinus, Nining Sekar.