MANAberita.com – SEBANYAK 28 tenaga medis yang bekerja di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang terkonfirmasi positif Covid-19. Masyarakat diimbau tidak terlalu khawatir karena upaya pencegahan telah dilakukan.

Direktur RS Muhammadiyah Palembang Pangestu Widodo mengatakan, ke-28 pegawainya itu tertular corona dari seorang pasien positif yang dirawat di sana 17 April 2020. Kemudian sebanyak 29 tenaga medis yang merawat pasien dilakukan rapid test dan hasilnya negatif.

Pada 5 Mei 2020, pemeriksaan dilanjutkan dengan swab dan hasilnya diketahui 28 dari 29 tenaga medis positif Covid-19. Hasil ini diumumkan Balai Besar Laboratorium Kesehatan Palembang pada 12 Mei 2020.

“Benar, dari hasil uji swab 28 tenaga medis kami positif Covid-19, di antaranya lima dokter,” ungkap Pangestu seperti dilansir dari merdeka.com, Jumat (15/5).

Menurut dia, pasien positif tersebut mayoritas masuk dalam kategori orang tanpa gejala. Mereka kini menjalani isolasi mandiri di rumah sakit maupun di rumah masing-masing.

“Kondisi mereka baik dan kami terus memantau kesehatannya,” kata dia.

Meski banyak tenaga medisnya terpapar corona, Pangestu memastikan operasional tetap berjalan seperti biasa. Hanya saja, pihaknya meningkatkan SOP untuk mencegah penyebaran dengan cara rutin membersihkan ruangan, penyemprotan disinfektan dan penggunaan APD lengkap bagi pegawai.

“Kami imbau masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan tidak perlu khawatir datang ke rumah sakit kami karena upaya pencegahan sudah dilakukan. Tetapi pengunjung harus menggunakan masker dan cuci tangan terlebih dahulu,” pungkasnya.