MANAberita.com – BAK memasuki area masa depan, begitulah melihat gerbang sterilisasi yang lagi diuji coba di Masjidil Haram.

Pimpinan Umum Masjidil Haram dan Masjid Nabawi meresmikan “Gerbang Sterilisasi Diri Canggih” yang dilengkapi dengan teknologi terbaru.

Diwakili oleh Badan Urusan Teknis dan Layanan Masjidil haram, gate tersebut diletakkan di pintu masuk, sebagai bagian dari tindakan pencegahan penyebaran pandemi corona (covid-19).

Alat canggih ini memiliki beberapa berfungsi, yaitu mensterilkan jemaah yang akan masuk Masjidil Haram dengan semprotan antiseptik dan kamera termal untuk mendeteksi suhu badan dari jarak 6 meter.

Pada layar monitor pintar akan terbaca suhu badan beberapa orang pada waktu yang sama dengan kecepatan membaca hingga satu detik.

Bagi siapapun yang masuk Masjidil Haram untuk melakukan pekerjaan harian, mereka diharuskan melewati gerbang tersebut dan disterilkan secara berkala setelah menggunakannya.

Alat ini ini sebagai pelengkap dari langkah-langkah preventif yang telah dilakukan Pimpinan Urusan Masjidil Haramain.

Di antara yang telah diterapkan di Haramain adalah pemeriksaan semua jemaah yang masuk ke Masjidil Haram, pemasangan kamera termal, dan penerapan jarak antara jamaah untuk memastikan keselamatan mereka selama di al-Baitu al-Atiiq.