MANAberita.com – INSTAGRAM  baru saja mengumumkan akan menampilkan iklan di video IGTV. Pendapatan dari iklan ini nantinya akan dibagi dengan influencer yang membuat konten video dengan platform milik Facebook tersebut.

Dilansir dari CNBC, Kamis (28/5/2020) Instagram akan membagi setidaknya 55% pendapatan yang didapat dari iklan-iklan ini dengan influencer. Langkah ini diharapkan akan mendorong influencer untuk membuat konten di IGTV yang kurang populer dibanding fitur Instagram lainnya.

“Kami berkomitmen untuk membuat IGTV tempat yang efektif dan aman untuk brand beriklan, jadi kita bisa membantu kreator mendapatkan uang dan menghubungkan orang-orang dengan produk bagus,” tulis Instagram dalam blog post.

Iklan ini akan muncul mulai minggu depan dan durasinya tidak akan lebih panjang dari 15 detik. Iklan ini akan muncul jika pengguna klik untuk lanjut menonton IGTV dari feed utama mereka.

Dilansir dari detik.com, Instagram mengatakan mereka sedang bereksperimen dengan detail formatnya, misalnya dengan memungkinkan pengguna untuk skip iklan. Untuk saat ini, Instagram akan membatasi iklan untuk beberapa pengiklan dan influencer di Amerika Serikat.

Langkah baru ini akan memberikan jalur bagi Instagram dan Facebook untuk menampilkan iklan kepada miliaran penggunanya dan meraup lebih banyak pendapatan. Pada tahun 2019, Instagram mengumpulkan pendapatan sebesar USD 20 miliar dari iklan, yang mencakup 25% dari seluruh pendapatan Facebook.

Instagram juga mengenalkan fitur ‘badges’ untuk menambah pemasukan influencer. Badges ini bisa dibeli saat influencer melakukan livestream sebagai cara bagi followers untuk menunjukkan dukungannya, mirip dengan fitur tip di Twitch dan YouTube.

Baca Juga
Waduh! Merasa Albumnya Dilecehkan Anji, Dadali Akan Tempuh Jalur Hukum
Netizen Hujat Aksi Konyol Syahrini di Instagram
Baru 24 Jam Buat Akun, Instagram Pria ini Sudah Diserbu 1,2 Juta Followers, Siapa Sih dia?

Badge ini akan muncul dengan simbol hati di samping nama pengguna. Komentar yang ditinggalkan pengguna yang telah membeli badge akan terlihat lebih menonjol dan influencer akan melihat daftar yang berisi semua pengguna yang telah membeli badge.

Badge Instagram dihargai 99 sen, USD 1,99 atau USD 4,99 dan untuk sementara semua pendapatan dari penjualan badge akan diberikan untuk influencer. Fitur ini akan mulai diuji coba pada bulan Juni dengan sekelompok kecil influencer dan bisnis di AS, sebelum diperluas ke Meksiko, Inggris dan negara-negara lainnya.