MANAberita.com – RAKSASA teknologi Korea Selatan Samsung dilaporkan tidak akan menyertakan charger atau pengisi daya di dalam kotak pada beberapa smartphone mulai tahun 2021.

Laporan ini pertama kali dimuat di situs berita Korea ETNews. Alasan Samsung tak menyertakan charger karena banyak orang sudah memiliki dan bisa membantu mengurangi biaya produksi.

Rincian waktu dan model smartphone belum dikonfirmasi, Samsung berharap dapat mengecualikan charger pada smartphone yang dirilis tahun 2021.

“Samsung Electronics sedang membahas cara melepaskan pengisi daya dari komponen smartphone dengan perusahaan terkait,” kata pejabat Samsung, seperti dikutip dari ET News.

Kebijakan ini dilakukan untuk mengimbangai biaya produksi smartphone yang terus meningkat karena dukungan jaringan 5G.

Samsung bukan satu-satunya yang dilaporkan tak akan menyertakan charger di dalam kotak, beberapa waktu lalu Apple juga melakukan hal serupa.

Apple juga tak akan menyertakan charger dan earbuds pada jajaran iPhone terbarunya.

Saat ini memang semua model iPhone dilengkapi dengan adaptor daya dan sepasang EarBuds Apple, tetapi seorang analis bernama Ming-chi Kuo dari TF Securities meyakini perusahaan akan mengakhiri produksi adaptor daya 5W dan 18W.

Menurut Kuo, Apple meminta konsumen untuk membeli charger 20W terbaru, termasuk dalam aksesoris opsional.

Dikutip dari The Verge, menghapus charger dari kotak telepon bisa menjadi cara utama bagi Samsung dan Apple untuk menurunkan biaya penjualan ponsel mereka dan membuat kemasan lebih kecil.

Di sisi lingkungan, sebagaimana diketahui bahwa volume limbah elektronik terus tumbuh di dunia dan menjadi ancaman besar bagi kesehatan masyarakat.

Limbah elektronik yang tidak dibuang dengan benar dapat melarutkan racun ke dalam tanah dan air.

Dengan menghilangkan charger, Samsung dan Apple dapat mengurangi limbah elektronik di masa depan.