MANAberita.com – RONNY Bugis, terdakwa kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan, dihukum 1,5 tahun penjara. Ia dinilai terbukti melakukan penyerangan terhadap penyidik senior KPK tersebut.

Sementara itu, hakim juga turut memberikan vonis kepada Rahmat Kadir selama 2 tahun penjara. Hakim menilai Rahmat Kadir yang merupakan seorang polisi itu bersalah memenuhi unsur dalam dakwaan subsider, yakni Pasal 353 ayat 2 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Kasus penyiraman air keras terhadap Novel ini terjadi pada Selasa, 11 April 2017, pukul 03.00 WIB, Ronny dan Rahmat bergegas menuju ke kediaman Novel Baswedan di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Ronny mengendarai motor, sedangkan Rahmat duduk di belakangnya.

Baca Juga
Parah! Novel Berkonten Porno Beredar Di Sekolah Aceh
Refly : Novel Setuju Terdakwa Penyiraman Air Keras Kepadanya Dibebaskan Saja

Mereka berhenti di sekitar Masjid Al-Ikhsan di dalam kompleks itu sembari mengamati setiap orang yang keluar dari masjid itu. Saat melihat Novel Baswedan, Rahmat menuangkan cairan campuran asam sulfat ke dalam gelas mug, dan menyiramkan cairan itu ke wajah Novel.

Karena peristiwa itu, Novel Baswedan mengalami luka berat hingga mengalami kebutaan permanen di mata kiri. Luka itu disebut jaksa telah menghalangi Novel Baswedan dalam menjalankan pekerjaannya sebagai penyidik di KPK.