MANAberita.com – WARGANET dihebohkan dengan adanya pemberitaan mengenai makam tokoh animasi asal Malaysia, Upin Ipin. Makam tersebut  ternyata berada di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Sontak, makam Ipin Upin yang berada di Pemakaman Umum Uwe Vune Jalan Bulu Bionga Dupa Indah, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu ramai didatangi warga yang penasaran.

Di lansir dari laman Merdeka.com, salah satu keluarga Upin Ipin, Limiyadin datang ke makam yang menjadi perhatian warga tersebut. Limiyadin menceritakan, awal makam kedua keponakannya tersebut diberi nama Ipin Upin. Karena terinspirasi dari film Les Copaque Production tersebut.

“Jadi tahun 2000-an itu, kami memperbaiki makam ini dan kedua orang tuanya tidak tahu memberikan nama apa. Salah satu keluarga memberikan ide untuk menamai makam ini Ipin Upin,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (19/1).

Limiyadin mengaku kedua makam tersebut kakak beradik. Meski mereka berdua tidak lahir kembar. Selain itu, tanggal meninggal keduanya pun juga berbeda.

“Upin wafat tahun 1995 karena mengidap suatu penyakit saat usianya belum genap satu tahun. Kemudian disusul, adiknya Ipin pada tahun 1996, karena mengidap penyakit sama dengan kakaknya,” ungkapnya menjelaskan soal makam Upin Ipin.

Tak Terkait Film Upin Ipin

Dia menegaskan makam keluarganya tersebut tidak ada keterkaitan dan dengan film animasi Ipin Upin. “Jadi tidak ada hubungannya, mungkin hanya nama saja yang sama,” ucapnya.

Sebelumnya, Jagat maya dihebohkan dengan kabar Upin Ipin meninggal dunia menyusul beredar video makam yang diduga milik karakter serial itu. Kedua makam tampak bersebelahan dengan batu nisan warna biru.

Pada batu nisan tertera Ipin meninggal pada 2 April 1996, sedangkan Upin meninggal setahun sebelumnya, yakni 6 Agustus 1995. Video ini dibagikan oleh akun TikTok @bang_along3110 dan telah dilihat lebih dari 37,5 juta kali saat berita ini ditulis.

Baca Juga
Seksi Abis! Ikuti Fallin Star Challenge, Olla Ramlan Bak Putri Tidur
Ditangkap Polisi, Ternyata Asisten Ivan Gunawan Dapat Narkoba Dari…
Takut Jika Pecah Perang Dunia 3, AS-Eropa Deklarasikan Lawan Rusia

Dalam video disebut bahwa cerita Upin Ipin dibuat berdasarkan khayalan semata. Pengunggah video menyebut bahwa rekaman tersebut didapatkan dari temannya dari Malaysia.

Ia melanjutkan bahwa Upin Ipin adalah cerita dari seorang nenek di Negeri Jiran yang diadaptasi menjadi animasi. Sementara, pemilik Les’ Copaque Production Burhanuddin Md Radzi, selaku penggagas karakter animasi ini, buka suara melalui unggahan di Facebooknya. (Sekar Ayu)