Jerman Akan Membeli F-35 Buatan AS

Manaberita.com – JERMAN mengatakan bahwa mereka akan mengganti beberapa jet pengebom Tornado yang sudah tua dengan pesawat F-35A Lightning II buatan AS yang mampu membawa senjata nuklir.

Dilansir ABC News, Menteri Pertahanan Christine Lambrecht mengatakan Jerman juga akan meningkatkan jet tempur Eurofighter Typhoon untuk peperangan elektronik – kemampuan yang saat ini juga dipenuhi oleh jet Tornado. Eurofighter akan diganti mulai tahun 2040 dengan Future Combat Air System, atau FCAS, yang sedang dikembangkan bersama dengan Prancis dan Spanyol, katanya.
Komandan angkatan udara Jerman, Ingo Gerhartz, mengatakan perang saat ini di Ukraina membuat perlu untuk memilih F-35 Lockheed Martin. Sebelumnya, pemerintah telah mempertimbangkan untuk mengganti Tornado Luftwaffe dengan campuran berbagai pesawat buatan AS dan Eropa.

“Hanya ada satu jawaban atas agresi (Presiden Rusia Vladimir) Putin,” kata Gerhartz. “Persatuan di NATO dan pencegah yang kredibel. Ini secara khusus berarti tidak ada alternatif selain memilih F-35.”

Militer Jerman tidak memiliki senjata nuklirnya sendiri, tetapi sebagai bagian dari sistem pencegahan nuklir yang dikembangkan selama Perang Dingin, militer Jerman mempertahankan pembom yang mampu membawa bom atom AS, beberapa di antaranya ditempatkan di Jerman.

Oposisi Partai Kiri mengkritik keputusan untuk membeli hampir tiga lusin F-35 untuk militer Jerman.

“Kami menolak mempersenjatai Bundeswehr dengan jet tempur baru berkemampuan nuklir,” kata Ali Al-Dailami, wakil juru bicara pertahanan partai tersebut. Dia memperingatkan bahwa memperlengkapi pilot Jerman untuk menjatuhkan bom atom AS dapat “mendorong risiko perang nuklir di Eropa.”

Kanselir Jerman Olaf Scholz mengumumkan bulan lalu bahwa negara itu akan menciptakan dana khusus sebesar 100 miliar euro ($ 113 miliar) untuk meningkatkan angkatan bersenjatanya dan meningkatkan pengeluaran pertahanan di atas 2% dari produk domestik bruto, suatu ukuran yang telah lama tertinggal di belakang negara-negara lain.

[Bil]

Komentar

- Sponsored Ad -

Terbaru

  • Fri, 30 Sep 2022
Devina Kirana dan Rizky Billar Diduga Cinlok

MANAberita.com –  SETELAH laporan yang diakukan Lesti Kejora terkait dugaan...

  • Fri, 30 Sep 2022
Diduga Rizky Billar Selingkuh, Lesti Alami KDRT

MANAberita.com –  KEHIDUPAN rumah tangga pasangan selebritis, Rizky Billar dan Lesti Kejora tengah diterpa...

  • Fri, 30 Sep 2022
Pengacara ungkap Kondisi Lesti Kejora usai Alami KDRT

MANAberita.com –  LESTI Kejora dikabarkan tengah mendapatkan perawatan kesehatan di...

  • Fri, 30 Sep 2022
Polisi: 2 Kali Pertengkaran Sebelum Rizky Billar Cekik dan Banting Lesti Kejora

MANAberita.com –  LESTI Kejora resmi melaporkan Rizky Billar, terkait tuduhan...

  • Fri, 30 Sep 2022
Putri Candrawathi Resmi Ditahan

MANAberita.com –  ISTRI mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, Putri...

  • Thu, 29 Sep 2022
Polisi di Nganjuk Patroli Pakai Motor Klasik

MANAberita.com – KEPOLISIAN Polres Nganjuk dalam satuan tugas bernama ‘Polisi...

Press ESC to close