Dewas KPK Didesak Tetap Gelar Sidang Etik Lili Pintauli Walaupun Diisukan Mundur

  • Nasional
  • Senin, 04 Juli 2022 - 05:52 WIB

Manaberita.com – DEWAN Pengawas (Dewas) KPK didesak oleh Indonesia Corruption Watch (ICW) untuk tetap menggelar sidang etik meskipun Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar diisukan mundur dari pimpinan KPK.

Sidang etik Lili tersebut berkaitan dengan dugaan penerimaan fasilitas menonton MotoGP Mandalika beberapa waktu lalu.

“Untuk isu dugaan pengunduran diri yang bersangkutan, penting ditekankan, seorang pimpinan KPK dikatakan sah berhenti jika disertai dengan keluarnya Keputusan Presiden. Jadi, selama Keppres pemberhentiannya belum dikeluarkan oleh Presiden, maka Dewan Pengawas harus tetap menggelar sidang etik terhadap saudari Lili,” kata Peneliti ICW Kurnia Ramadhana kepada wartawan, Minggu (3/7/2022).

Kurnia mengatakan juga mendesak Dewas KPK untuk melaporkan ke Kepolisian, Kejaksaan Agung atau pun KPK bila Lili terbukti melanggar etik.

“Jika kemudian persidangan etik Lili terbukti, maka ICW mendesak agar Dewan Pengawas melaporkan penerimaan tiket MotoGP Mandalika yang diterima saudari Lili ke aparat penegak hukum, baik KPK, Kepolisian, maupun Kejaksaan Agung. Hal ini penting, sebab, peristiwa itu tidak sekadar bernuansa etik, melainkan sudah masuk ranah pidana, yakni suap atau gratifikasi,” ujar Kurnia dikutip dari detikcom.

“Jadi, jangan pernah berpikiran persidangan etik ini adalah akhir dari peristiwa tersebut. Ke depan, Lili harus dihadapkan dengan aparat penegak hukum untuk kepentingan pengusutan dugaan penerimaan suap atau gratifikasi,” imbuh Kurnia.

Terpisah, anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris menegaskan Dewas KPK akan tetap mengadili Lili Pintauli meskipun diisukan mundur. Lili bakal menjalani sidang etik terkait dugaan penerimaan fasilitas nonton MotoGP Mandalika pada 5 Juli.

“Ya sidang etik tanggal 5 Juli 2022,” ungkap Haris.

Nantinya, Dewas KPK akan memutuskan vonis terhadap dugaan fasilitas MotoGP yang didapat Lili. Jika Lili terbukti bersalah, Dewas KPK akan kembali menghukum Lili.

Lili sudah kesekian kalinya dilaporkan ke Dewas KPK. Terbaru, Lili diduga menerima fasilitas serta akomodasi menonton gelaran MotoGP Mandalika pada Maret 2022.

Dalam laporan itu, Lili Pintauli diduga menerima tiket penginapan dan tiket MotoGP Mandalika. Diketahui, Dewas KPK telah meminta konfirmasi pihak BUMN, yakni PT Pertamina, untuk membawa dokumen-dokumen yang berhubungan dengan perkara ini.

Dokumen itu antara lain tiket MotoGP pada Grandstand Premium Zone A-Red dan penginapan di Amber Lombok Beach Resort. Lili sebelumnya juga pernah dijatuhi sanksi etik pemotongan gaji terkait penyalahgunaan pengaruh dan hubungannya dengan pihak beperkara di KPK, yakni Walkot Tanjungbalai nonaktif M Syahrial.

(Rik)

Komentar

- Sponsored Ad -

Terbaru

  • Sat, 20 Aug 2022
Zulu Afrika Selatan Akan Memahkotai Raja Baru Saat Barisan Suksesi Mengamuk

Manaberita.com – SETELAH setahun perselisihan keluarga, Misuzulu ka Zwelithini akhirnya dinobatkan sebagai...

  • Sat, 20 Aug 2022
Pastor Robert Kaweesi Dari Birmingham Meninggal Saat Berlibur di Uganda Setelah Penyelamatan Sungai Nil

Manaberita.com – SEBUAH tubuh telah ditemukan oleh polisi mencari ayah dari pengantin...

  • Sat, 20 Aug 2022
Waduh! Pilot Ethiopian Airlines Tertidur Sehingga Melampaui Landasan Pacu

Manaberita.com – KEDUA pilot tertidur di ketinggian 37.000 kaki (11.000...

  • Sat, 20 Aug 2022
UAS Datangi Rizieq Shihab serta Petinggi PKS

MANAberita.com – PENCERAMAH kondang  Ustaz Abdul Somad (UAS) tengah mengunjungi Ketua...

  • Fri, 19 Aug 2022
Kasus Positif Covid-19 RI Terus Naik, Melebihi Ambang Batas WHO

MANAberita.com – POSITIVITY rate atau rasio kasus positif Covid-19 di Indonesia...

  • Fri, 19 Aug 2022
Nasib Siswa SD yang Diusir dari Barisan Pawai Gegara Baju Seragamnya Kusam

MANAberita.com – JAGAT dunia media sosial dihebohkan dengan beredarnya  video seorang...

Press ESC to close