Beberapa Hari Setelah Perjalanan Nancy Pelosi Ke Taiwan, UEA Menyuarakan Dukungan Untuk ‘Kedaulatan China’

Manaberita.com – UEA menegaskan kembali dukungannya untuk China dan menyatakan keprihatinan tentang efek dari “kunjungan provokatif” pada perdamaian dan stabilitas internasional. Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri, UEA mengatakan pihaknya “menegaskan dukungannya untuk kedaulatan dan integritas teritorial China”, sambil menekankan pentingnya prinsip “Satu China”. China menganggap Taiwan yang dikelola secara demokratis sebagai bagian dari China dan tidak pernah meninggalkan penggunaan kekuatan untuk membawa pulau itu di bawah kendalinya.

Melansir dari Aljazeera, UEA menyerukan kepatuhan terhadap resolusi PBB yang relevan, dan “menunjukkan keprihatinannya atas dampak dari setiap kunjungan provokatif pada keseimbangan, stabilitas dan perdamaian internasional”. Ini menyerukan memprioritaskan diplomasi dan dialog dalam upaya untuk “memastikan stabilitas regional dan internasional”. Pernyataan UEA datang beberapa hari setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

Menanggapi kunjungan tersebut, China meluncurkan latihan militer skala besar dan menembakkan rentetan rudal balistik ke perairan sekitar Taiwan. Selama perjalanan singkatnya, Pelosi bertemu dengan Presiden Tsai Ing-wen dan anggota parlemen Taiwan, meyakinkan mereka akan dukungan AS yang berkelanjutan. Pelosi adalah pejabat tinggi AS yang mengunjungi Taiwan dalam beberapa dekade, menentang serangkaian ancaman nyata dari Beijing, yang memandang pulau itu sebagai wilayahnya.

Terakhir kali China menembakkan rudal ke perairan sekitar Taiwan adalah pada tahun 1996, menjelang pemilihan kembali Presiden Lee Teng-hui, yang telah mengunjungi Amerika Serikat tahun sebelumnya. AS, sementara memiliki hubungan diplomatik formal dengan China, mengikuti kebijakan “ambiguitas strategis” di Taiwan dan terikat oleh hukum untuk menyediakan pulau berpenduduk 23 juta orang itu dengan sarana untuk mempertahankan diri.

[Bil]

Komentar

- Sponsored Ad -

Terbaru

  • Sat, 20 Aug 2022
Pastor Robert Kaweesi Dari Birmingham Meninggal Saat Berlibur di Uganda Setelah Penyelamatan Sungai Nil

Manaberita.com – SEBUAH tubuh telah ditemukan oleh polisi mencari ayah dari pengantin...

  • Sat, 20 Aug 2022
Waduh! Pilot Ethiopian Airlines Tertidur Sehingga Melampaui Landasan Pacu

Manaberita.com – KEDUA pilot tertidur di ketinggian 37.000 kaki (11.000...

  • Sat, 20 Aug 2022
UAS Datangi Rizieq Shihab serta Petinggi PKS

MANAberita.com – PENCERAMAH kondang  Ustaz Abdul Somad (UAS) tengah mengunjungi Ketua...

  • Fri, 19 Aug 2022
Kasus Positif Covid-19 RI Terus Naik, Melebihi Ambang Batas WHO

MANAberita.com – POSITIVITY rate atau rasio kasus positif Covid-19 di Indonesia...

  • Fri, 19 Aug 2022
Nasib Siswa SD yang Diusir dari Barisan Pawai Gegara Baju Seragamnya Kusam

MANAberita.com – JAGAT dunia media sosial dihebohkan dengan beredarnya  video seorang...

  • Fri, 19 Aug 2022
Pelaku Pelecehan Seksual pada Anak di Pinggir Jalan Surabaya Ditahan

MANAberita.com – SEBUAH video yang memperlihatkan seorang pria tengah melakukan...

Press ESC to close