Kelompok Sayap Kanan Bentrok Dengan Polisi, Saat Itu Beograd Mengadakan Pawai Pride

Manaberita.com – POLISI Beograd menangkap puluhan orang setelah bentrok dengan pengunjuk rasa sayap kanan dan sayap kanan nasionalis, yang mengatakan mereka akan memblokir pawai Pride di ibukota Serbia. Aktivis LGBTQ berkumpul untuk pawai kebanggaan internasional beberapa mil jauhnya pada hari Sabtu meskipun ada ancaman dari kelompok anti-gay dan larangan oleh pemerintah Presiden Aleksandar Vucic akhir bulan lalu. Para pengunjuk rasa ekstremisme melemparkan granat kejut, batu, dan suar ke jajaran polisi, yang menangkis serangan itu dengan tongkat anti huru hara dan perisai.

Dilansir Aljazeera, Ratusan pendukung pawai Pride berkumpul di tengah hujan lebat, menari dan bernyanyi saat pawai mereka diadakan di rute yang dipersingkat. “Yang paling penting adalah kita berkumpul di jalanan. Ini adalah perjuangan untuk hak asasi manusia. Ini adalah perjuangan untuk hak konstitusional kami dan ini adalah perjuangan untuk aturan hukum Serbia yang demokratis,” kata Marko Mihajlovic, salah satu penyelenggara acara Pride.

“Kami membutuhkan keadilan dan kebebasan,” kata Goran Miletic, penyelenggara lainnya. Awal pekan ini, polisi Serbia melarang pawai, dengan alasan risiko bentrokan dengan aktivis sayap kanan. Namun penyelenggara pada hari Sabtu mengatakan mereka menerima jaminan dari Perdana Menteri Ana Brnabic, yang seorang lesbian, bahwa acara tersebut dapat dilanjutkan. Brnabic mengatakan pada konferensi pers pada hari Sabtu bahwa 64 orang telah ditangkap dan 10 petugas polisi terluka ringan, media regional N1 melaporkan.

“Hari ini kami mengatur 5.200 petugas polisi di jalan-jalan Beograd; kami mengalami dua insiden dan dalam kedua insiden tersebut, anggota polisi segera bereaksi, memecahkan masalah dan memastikan bahwa insiden tersebut tidak menyebar,” kata Brnabic. Menteri Dalam Negeri Aleksandar Vulin memperingatkan bahwa lembaganya “tidak akan mentolerir kekerasan apa pun di jalan-jalan Beograd dan akan menerapkan hukum secara ketat”.

Beberapa insiden dilaporkan pada hari sebelumnya dengan aktivis anti-gay melemparkan botol ke polisi dan mencoba menerobos barisan polisi. Anggota parlemen Serbia Bosko Obradovic, pemimpin partai sayap kanan Dveri, mengatakan di Twitter bahwa parade tersebut memiliki “agenda anti-Kristen” yang berfungsi sebagai “pendahulu untuk pendudukan NATO sepenuhnya atas Serbia”. Asosiasi Penyelenggara Kebanggaan Eropa memilih ibu kota Serbia tiga tahun lalu untuk menjadi tuan rumah acara tahunan, berharap itu akan menjadi terobosan bagi negara Slavia yang secara tradisional konservatif dan sangat dipengaruhi oleh Gereja Ortodoks.

Uni Eropa dan pejabat Barat lainnya, serta kelompok hak asasi, telah mendesak Presiden Serbia Vucic yang populis untuk mengizinkan diadakannya pawai Kebanggaan. Namun Vucic mengatakan polisi tidak dapat mengatasi kemungkinan kerusuhan oleh kelompok sayap kanan di tengah krisis energi. Kelompok-kelompok sayap kanan itu, beberapa dari mereka dianggap dekat dengan pemerintah nasionalis Vucic, juga dilarang berkumpul pada hari Sabtu, tetapi mereka mengatakan mereka akan mengabaikan keputusan itu.

Beberapa banding hukum oleh penyelenggara pawai terhadap larangan tersebut telah ditolak oleh otoritas Serbia. Lebih dari 20 kedutaan termasuk AS, Prancis dan Inggris mengeluarkan pernyataan bersama yang mendesak pihak berwenang untuk mencabut larangan tersebut. Perkawinan gay tidak diakui secara hukum di Serbia, calon anggota Uni Eropa, di mana homofobia tetap mengakar meskipun ada beberapa kemajuan selama bertahun-tahun dalam mengurangi diskriminasi.

[Bil]

Komentar

- Sponsored Ad -

Terbaru

  • Fri, 30 Sep 2022
Devina Kirana dan Rizky Billar Diduga Cinlok

MANAberita.com –  SETELAH laporan yang diakukan Lesti Kejora terkait dugaan...

  • Fri, 30 Sep 2022
Diduga Rizky Billar Selingkuh, Lesti Alami KDRT

MANAberita.com –  KEHIDUPAN rumah tangga pasangan selebritis, Rizky Billar dan Lesti Kejora tengah diterpa...

  • Fri, 30 Sep 2022
Pengacara ungkap Kondisi Lesti Kejora usai Alami KDRT

MANAberita.com –  LESTI Kejora dikabarkan tengah mendapatkan perawatan kesehatan di...

  • Fri, 30 Sep 2022
Polisi: 2 Kali Pertengkaran Sebelum Rizky Billar Cekik dan Banting Lesti Kejora

MANAberita.com –  LESTI Kejora resmi melaporkan Rizky Billar, terkait tuduhan...

  • Fri, 30 Sep 2022
Putri Candrawathi Resmi Ditahan

MANAberita.com –  ISTRI mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, Putri...

  • Thu, 29 Sep 2022
Polisi di Nganjuk Patroli Pakai Motor Klasik

MANAberita.com – KEPOLISIAN Polres Nganjuk dalam satuan tugas bernama ‘Polisi...

Press ESC to close