Begini Cara Diet GM Untuk Menurunkan Berat Badan 5 Kg dalam 1 Minggu

  • Nasional
  • Rabu, 22 Maret 2023 - 18:53 WIB

Manaberita.com – BERAT badan yang berlebih seringkali menjadi masalah lantaran dapat menimbulkan berbagai macam penyakit serta mengganggu penampilan.
Akan tetapu anda tak perlu khawatir karena ada cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu untuk membuat bentuk badan menjadi lebih ideal.

Apakah Bisa Menurunkan Berat Badan 5 Kg dalam Seminggu?

Dilansir dari Healthline, menurunkan berat badan sebanyak 5 kilogram dalam seminggu mungkin saja dilakukan. Turunnya berat badan seseorang ditentukan dengan pembatasan kalori serta melakukan olahraga secara intensif.

Dikutip dari laman The Times of India, cara menurunkan berat badan dalam jangka waktu satu minggu dikenal juga dengan sebutan diet General Motors atau diet GM. Diet General Motors adalah program diet selama 7 hari yang fokus untuk mengkonsumsi jenis makanan tertentu dengan porsi yang teratur.

Diet General Motors (GM) merupakan program diet yang dikembangkan oleh General Motors Corporation pada tahun 1985 untuk membantu karyawannya menurunkan berat badan dengan cepat dan sehat. Diet GM terdiri dari suatu pola makan selama 7 hari yang terdiri dari konsumsi buah-buahan, sayuran, protein, dan karbohidrat kompleks dalam jumlah yang sudah ditentukan.

Hari ke-1
Pelaku diet hanya boleh mengkonsumsi buah-buahan yang porsinya tidak dibatasi. Semua buah boleh dikonsumsi, kecuali pisang.

Hari ke-2
Konsumsi sayuran mentah atau rebus dan porsinya tidak dibatasi. Sayuran yang disarankan dalam proses hari kedua ini adalah brokoli, kubis, wortel, dan kentang.

Hari ke-3
Seseorang yang melaksanakan diet GM boleh mengkonsumsi buah dan sayuran, kecuali pisang dan kentang. Porsinya tidak dibatasi atau sesuai dengan jumlah yang diinginkan.

Hari ke-4
Pada hari keempat, hanya diperbolehkan mengkonsumsi pisang dan susu yang porsinya dibatasi. Porsi yang telah ditentukan yaitu 6 buah pisang berukuran besar atau 8 buah pisang ukuran kecil dengan 3 gelas susu skim.

Hari ke-5
Seseorang yang melakukan diet GM di hari kelima bisa mengkonsumsi 550-560 gram daging, baik daging sapi, ayam, atau ikan. Selain itu, hanya diperbolehkan makan 6 buah tomat.

Hari ke-6
Menu makanan yang dikonsumsi pada hari keenam sama seperti pada hari kelima. Namun, pada hari ini bisa memakan semua jenis sayuran, kecuali kentang, dengan porsi yang tidak dibatasi.

Hari ke-7
Menu makanan untuk dikonsumsi di hari ketujuh adalah nasi merah atau cokelat, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Porsi masing-masing menu pun tidak dibatasi.

Anjuran dan Pantangan dalam Diet GM
Dalam diet GM, seseorang dianjurkan untuk minum 8-12 gelas air dalam satu hari. Hal ini bertujuan untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh serta mencegah dehidrasi terjadi.

Sementara itu, terdapat juga beberapa pantangan dalam proses diet GM, di antaranya:
• Hindari konsumsi kacang-kacangan karena mengandung banyak kalori.
• Hindari konsumsi minuman beralkohol.
• Batasi aktivitas fisik selama 3 hari pertama program diet GM.

Pro dan Kontra Diet GM
Pada dasarnya, program ini membuat pelakunya bisa menurunkan berat badan dengan cara mengurangi jumlah asupan kalori dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Selain itu, banyaknya konsumsi buah dan sayuran juga dianggap baik bagi tubuh karena bisa membantu melakukan detoksifikasi tubuh.

Selain bisa menurunkan berat badan dengan cepat, beberapa orang juga meyakini bahwa metode ini bisa melancarkan fungsi pencernaan, meningkatkan proses pembakaran lemak dalam tubuh, dan membantu menghilangkan racun dalam tubuh.

Namun, program diet GM juga menuai kontra karena tidak adanya penelitian klinis dan fakta ilmiah yang akurat yang mendukung klaim dari program ini. Beberapa orang juga beranggapan bahwa penurunan berat badan tidak akan bertahan lama karena yang hilang dari tubuh adalah air, bukan lemak karena defisit kalori.

Selain itu, ada beberapa risiko yang juga bisa ditimbulkan dari melakukan diet GM. Contoh risiko yang mungkin ditimbulkan seperti gangguan elektrolit, sakit kepala, kelelahan, pusing, sembelit, hingga kerontokan rambut.

Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk mengikuti diet GM atau program diet lainnya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang tepat dan aman bagi kesehatan.

Nah, itulah dia pembahasan mengenai cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu. Sebelum melakukan diet ini, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan masukan yang tepat.

(Rik)

Komentar

- Sponsored Ad -

Terbaru

  • Sun, 28 May 2023
Selvi Ananda Dihina Netizen, Begini Reaksi Gibran

Manaberita.com – ISTRI Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Selvi...

  • Sun, 28 May 2023
Viral Kabel Ties Mario Dandy, Kapolda Metro Jaya Perintahkan Propam Periksa Anggotanya

MANAberita.com – KAPOLDA Metro Jaya Irjen Karyoto memerintahkan Propam untuk...

  • Sun, 28 May 2023
Helikopter TNI AD Jatuh di Kebun Teh Ciwidey

MANAberita.com –  SEBUAH kecelakaan pesawat berjenis helikopter terjadi di kawasan...

  • Sat, 27 May 2023
Sarwono Kusumaatmadja Meninggal Dunia

MANAberita.com – MENTERI era Orde Baru, Sarwono Kusumaatmadja dikabarkan menghebuskan nafas terakhir pada...

  • Sat, 27 May 2023
Pemilik Ruko Pluit Klaim Inisiatif Perbaiki Jalan: Sudah Habiskan Rp394 Juta

MANAberita.com – POLEMIK pembongkaran ruko yang ‘memakan jalan’ di Pluit...

  • Sat, 27 May 2023
Viral Video Ketua RT Dipersekusi, Ternyata Video Lama

MANAberita.com – SEBUAH video yang menunjukkan seorang Ketua RT di Pluit,...

Press ESC to close