Ngeri! Meskipun Terlihat Sepeleh, Ternyata Inilah Modus Kejahatan di Tempat Wisata yang Sering Dialami Turis

MANAberita.com —LIBURAN kEropa memang menjadi impian hampir semua orang. Meski terkenal sebagai negara maju, kamu harus tetap waspada saat berlibur ke sana. Saat bersenang-senang, kamu juga harus mengetahui tentang lima modus penipuan di Eropa, agar perjalanan wisatamu tetap aman dan nyaman.

 

1. Menemukan dompet di jalan

Modus yang satu ini sudah sangat klise di kalangan penduduk Eropa. Bahkan di Indonesia juga sering terjadi hal seperti ini. Biasanya mereka akan meletakkan dompet di jalanan, sehingga kamu pasti mengira itu dompet yang tak sengaja jatuh. Jika hal itu terjadi, lewati saja.

Tetapi biasanya refleks orang saat menemukan dompet jatuh akan diambil dan memeriksa isinya. Dari situ, pencuri akan lebih mudah mengetahui letak dompetmu.
2. Modus permainan jalanan

Di Eropa, kamu pasti banyak menemukan beberapa orang yang melakukan atraksi. Mulai dari bakat bermain musik, bernyanyi, hingga aksi-aksi permainan sulap dan lainnya. Tak ada salahnya jika kamu ingin melihat pertunjukan jalan tersebut, tetapi tetap awasi barang berhargamu ya, seperti dompet, tas, dan handphone.

Bisa jadi ini hanyalah modus untuk mencuri barang berhargamu di saat kamu fokus menikmati pertunjukan. Salah satu anggota mereka akan beraksi mengambil sesuatu darimu tanpa kamu ketahui.
3. Hati-hati dengan biaya masuk

Penipuan satu ini berupa seseorang yang menggunakan identitas palsu yang meminta biaya masuk suatu tempat. Misalnya seperti ke Gibraltar. Padahal untuk ke sana tak perlu ada biaya masuk.

Jadi, abaikan saja jika ada orang yang meminta biaya. Tetap perhatikan barang-barangmu. Hal ini biasa terjadi Spanyol.
4. Menemukan cincin

Modus yang biasanya terjadi di Perancis ini dilakukan oleh wanita yang menjatuhkan cincin di depanmu. Kemudian wanita itu pasti menanyakan apakah cincin tersebut milikmu. Ketika kamu bilang itu bukan milikmu, dia akan pura-pura memeriksa cincin tersebut dan bilang jika itu adalah cincin emas, padahal bukan.

Selanjutnya, wanita tersebut akan memaksamu untuk membelinya dengan harga yang mahal. Kemudian, kamu akan dikira mencuri cincin itu. Selama berdebat, anggota lain dari pencuri akan mengambil dompet kamu tanpa kamu sadari, karena kamu sedang fokus berdebat soal cincin.
5. Diberikan gelang persahabatan

Jika kamu berjalan-jalan di Paris Sacre Coeur, kamu tak boleh lengah. Karena biasanya ada seorang pria yang akan mendekatimu dan tiba-tiba menarik tanganmu untuk dibuatkan gelang persahabatan.

Baca Juga
Sebelum Terlanjur Merusak Wajah, Hindari 5 Ritual Kecantikan Ini setelah Facial
Tanda-Tanda si Dia Tak Lagi Perhatian Terhadapmu
Hendak Menolong Nenek-Nenek Belanja, Wanita ini Justru Dibuat Bingung Usai Temukan ini

Jika ini terjadi, tolaklah dengan tegas. Karena jika tidak, pria itu tidak akan membiarkanmu pergi sampai gelang tersebut di tenun di tanganmu. Setelah ia selesai dengan gelangnya, dia akan berharap kamu memberikan apa yang dia inginkan. Taruhlah tanganmu ke dalam saku supaya aman.

Jika sesuatu hal tersebut terjadi, segeralah laporkan ke petugas polisi terdekat. Tetaplah waspada selama jalan-jalan ya.
(Sumber: IDNtimes)