Selfie di Lokasi Tsunami

MANAberita.com – TSUNAMI baru saja menerjang Selat Sunda. Lingkungan di sana porak-poranda dengan hampir 500 orang tewas. Bencana ini telah menjadi sorotan media-media asing sejak insiden terjadi pada Sabtu (22/12).

Dilansir dari jpnn, tak hanya mengenai bencana, ternyata kebiasaan selfie orang Indonesia di lokasi bencana juga menjadi sorotan media asing. Salah satunya adalah Solihat dan tiga temannya yang diwawancarai oleh The Guardian. Berikut isi dari wawancara The Guardian :

Solihat, 40, mengatakan, ia telah menempuh perjalanan dua jam ke lokasi dari Kota Cilegon. Dia dan teman-temannya memberikan sumbangan pakaian untuk orang-orang yang kehilangan tempat tinggal akibat tsunami.

Selfie di Lokasi Tsunami

“Foto itu saya unggah di Facebook sebagai bukti bahwa kita benar-benar di sini dan memberikan bantuan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Serikat Petani Lokal, Bahrudin tak terkesan dengan para wisatawan yang berfoto ria.

Selfie di Lokasi Tsunami

Ketika ditanya apakah pantas mengambil selfie di depan lokasi bencana di tempat mayat yang belum ditemukan, Solihat mengatakan, “Itu tergantung pada niat Anda. Jika Anda mengambil selfie untuk pamer, maka jangan lakukan itu. Tetapi jika Anda melakukannya untuk berbagi kesedihan dengan orang lain, tidak apa-apa”.

Selfie di Lokasi Tsunami

Sementara itu, Kepala Serikat Petani Lokal Bahrudin tak terkesan dengan para wisatawan yang berfoto ria. Berdiri di dalam air dengan sepasang sepatu bot kuning wellington, lelaki 40 tahun itu berulang kali mengucapkan kata, “Mengecewakan,” ujarnya ketika ditanya apa pendapatnya tentang orang-orang yang mencari ketenaran di media sosial.

Sementara Valentina Anastasia, 18, dari Jawa Tengah, tidak kecewa dengan keputusannya untuk meninggalkan Jakarta dan melakukan perjalanan tiga jam dengan mobil ke Banten.

Selfie di Lokasi Tsunami

“Saya ingin melihat kehancuran dan orang-orang yang terkena dampak,” katanya.

Baca Juga
Setelah Diterjang Tsunami, Banten Rawan Ular Tanah Mematikan
Baby Sitter dan Sopir Angkot Beradegan Mesum di Bigo Live, Netizen: Penyebab Datangnya Tsunami!
Inilah 3 Alasan Mengapa Kita HARUS dan WAJIB Menghapus Foto Mantan

Ketika ditanya berapa banyak foto selfie yang dia ambil di daerah itu, dia lantas tertawa.

“Banyak! Untuk media sosial, grup WhatsApp, Facebook dan lain-lain,” ujarnya sumringah.