Foto hanya ilustrasi

MANAberita.com  – NAHAS memang nasib tujuh orang ini, mereka dilaporkan tewas setelah membersihkan septic tank.

Ini terjadi karena mereka kehabisan oksigen ketika membersihkan septic tank sebuah hotel di kawasan barat India tanpa peralatan.

Otoritas menerangkan, pemilik hotel dijerat dengan tuduhan ketelodoran sehingga menyebabkan kematian dalam insiden yang terjadi Jumat (14/6/2019) di Distrik Vadodara.

Loading...

Dilansir Intisari Online dari AFP, empat di antara korban tewas merupakan orang yang dipanggil membersihkan. Sementara sisanya adalah staf hotel yang membantu.

Ratusan ribu orang yang berasal dari kalangan bawah dikenal sebagai “penyapu manual” yang membersihkan pipa bawah tanah hingga septic tank tanpa peralatan memadai.

Kepala Pemadam Kebakaran Vadodara Ninuknj Azad menjelaskan, awalnya ada satu orang yang memasuki tangki. Namun dia tidak muncul dan tidak merespon saat dipanggil.

“Jadi, tiga petugas bersih-bersih lainnya mengikuti turun ke bawah,” terang Azad. Namun sama seperti yang pertama, ketiganya juga tak menampakkan batang hidung.

Karena itu, tiga orang staf hotel diperintahkan untuk membantu petugas tersebut. Nyatanya kata Azad, mereka juga tewas ketika berada di dalam tangki.

Azad mengatakan, jenazah dari ketujuh orang itu segera dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan postmortem. Kematian akibat sesak napas sering dilaporkan di India.

Tahun lalu, lima orang di New Delhi tewas ketika membersihkan tangki pengolahan limbah. Para politisi sebenarnya sudah menangkal lewat undang-undang.

Namun banyak dari petugas pembersih itu datang dari subkontraktor sehingga sulit bagi aparat untuk melacak siapa yang bertanggung jawab jika terjadi insiden.

Di kawasan pedesaan, predikat “pembersih” itu jatuh kepada perempuan di mana mereka bertugas untuk membersihkan toilet tradisional pakai peralatan seadanya.

Baca Juga
Bosan Ditanya Kapan Nikah, Wanita ini Putuskan Menikahi Dirinya Sendiri
Remaja 26 Tahun Nekat Perkosa Nenek 54 di Yogyakarta Hingga Pendarahan, Penyebabnya…
Polisi Dianiaya Oleh Istri dan Kekasih Gelapnya Agar Bisa Hidup Bersama

Tidak ada data resmi. Namun sebuah survei yang dilakukan memperlihatkan angka 1.370 orang di India meninggal setiap tahunnya karena melakukan pekerjaan itu. (Ila)

(Sumber: Intisari Online)