MANAberita.com – ARAB Saudi memastikan 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada hari ini, Selasa (4/6/2019), dan akan melaksanakn shalat idul fitri pada pagi hari waktu Arab Saudi.

Ketetapan 1 Syawal ini lebih cepat satu hari dibanding Indonesia yang gagal melihat hilal pada Senin malam dan secara resmi mengumumkan hari raya lebaran 1440 Hijriyah jatuh pada Rabu (05/6).

Melansir timesindonesia.co.id, Kabar penetapan 1 Syawal dari Arab Saudi ini diterima dari Solahuddin, seorang jamaah asal Pamekasan, Jawa Timur berdasarkan pengumuman yang disampaikan Imam Masjid dalam khutbah singkat usai pelaksanaan Shalat Isya berjamaah di Masjidil Haram, Mekkah, Senin (03/06) sekitar pukul 20.00 Waktu Arab Saudi.

“Imam dalam khotbah tadi intinya menyampaikan bahwa Ramadhan 1440 Hijriah sudah usai, dan besok (Selasa, 4/6/2019) pagi kami akan bersama-sama menuju Masjid untuk Shalat Idul Fitri,” kata Solah.

Mengenai kebiasaan malam takbiran di tanah haram Makkah, Solah mengaku berbeda dengan di Indonesia di mana malam lebaran diisi dengan takbir bersama-sama setelah shalat magrib, hal yang demikian, tidak ada di Arab Saudi.

“Di sini kebiasaanya beda dengan di Indonesia, biasanya takbiran bersama itu sebentar saja usai shalat subuh dan nanti lanjut jelang Shalat Id,” imbuh dia.

Baca Juga
Dengar Suara Mencurigakan di Rumah Tetangga, Kapolsek ini Tembak Mati Pelaku Perampokan Saat Lebaran
Peringatan Buat Umat Muslim dari Warga Papua ini Bikin Kaget
Aneh! Aksinya Tercyduk, Pencuri ini Justru Menjulurkan Lidah ke Arah CCTV

Selain Arab Saudi, negara-negara Teluk yang lain seperti Uni Emirat Arab dan Kuwait juga menetapkan 1 Syawal 1440 H pada hari ini. Sementara di Indonesia, Pakistan dan Australia akan berlebaran keesokan harinya, Rabu (05/06).

Sebelumnya, pada Senin malam pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama telah mengumukan 1 Syawal 1440 H jatuh pada hari Rabu atau bertepatan dengan tanggal 5 Juni 2019. Penetapan itu sebagaimana disampaikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia (Menag RI) Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi Pers usai Sidang Isbat, di Kantor Kemenag RI, Jakarta, Senin (3/06/2019) malam. (Dil)