foto:@rmathon/unsplash

MANAberita.com – KETIKA bepergian ke luar negeri, memiliki premi asuransi travel adalah sebuah keharusan. Kamu tidak akan tahu apa yang bisa terjadi di luar sana, dan dengan posisi yang jauh dari keluarga dan sanak saudara, asuransi adalah pegangan paling aman untuk hal-hal yang tidak diinginkan.


Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari asuransi travel. Tidak hanya untuk perjalanan ke luar negeri, tetapi juga berguna untuk perjalanan di dalam negeri sekalipun. Dengan risiko perjalanan yang sama, asuransi adalah perlindungan yang sebaiknya dimiliki oleh semua traveller.

Menjaga Bagasi Selama Perjalanan dengan Pesawat

Bagasi terbuka oleh tangan tak bertanggung-jawab, koper rusak karena kesalahan sistem selama penerbangan, barang bawaan terbawa pesawat lain dan arahnya berbeda jauh dengan tujuan kamu selama perjalanan. Hal-hal yang tidak menyenangkan ini bisa terjadi selama perjalanan liburan.

Ketika terjadi hal seperti ini, asuransi travel memberikan jaminan pada bagasi yang kamu bawa. Apakah itu tertukar dengan penumpang lain, rusak dalam perjalanan dan berbagai kendala lainnya. Asuransi travel menjamin bahwa semua kerusakan dan kehilangan akan diganti sesuai dengan polis pertanggungan yang diberikan.

Memberikan Jaminan Jika Terjadi Sakit atau Kecelakaan di Perjalanan

Tak ada orang yang ingin sakit atau celaka di perjalanan, namun jika hal itu sampai terjadi, asuransi memberikan jaminan bahwa kamu bisa dirawat di rumah sakit dengan pelayanan terbaik. Untuk sakit yang memerlukan rawat inap atau kecelakaan yang mengharuskan dirawat, asuransi memberikan jaminan bahwa kamu bisa pulang kembali dalam kondisi sehat.

Baik di dalam maupun luar negeri, asuransi perjalanan memberikan jaminan yang sama. Nilai pertanggungan yang diberikan nantinya akan disesuaikan dengan premi yang kamu ambil, semakin besar nilainya, makin besar pula nilai pertanggungannya.

Jaminan Atas Pembatalan dan Keterlambatan Penerbangan

Secara umum, asuransi travel memberikan jaminan ketika perjalanan kamu dengan pesawat mengalami keterlambatan alias delay. Hal ini tentu merugikan penumpang, terutama soal waktu yang harus terbuang sia-sia untuk menunggu penerbangan ke tempat tujuan.

Jika sampai hal itu terjadi, asuransi akan memberikan ganti rugi pada setiap keterlambatan pesawat yang kamu alami. Demikian pula jika terjadi pembatalan penerbangan dari pihak maskapai, kamu bisa mengajukan klaim untuk diganti oleh pihak asuransi.

Keuntungan Lain
Selain keuntungan secara umum di atas, asuransi juga memberikan perlindungan pada beberapa hal lain. Seperti perlindungan dari serangan terorisme ketika kamu berada di sebuah tempat dan menjadi korban teror di sana. Biasanya, premi semacam ini adalah fasilitas tambahan yang harus dibayar terpisah dari premi asuransi travel utama.

Beberapa perusahaan asuransi juga menyediakan jaminan untuk keselamatan rumah selama ditinggal bepergian. Ketika terjadi kecurian atau kebakaran, asuransi bisa memberikan ganti rugi atas musibah yang dialami selama pemilik dalam perjalanan wisata.

Asuransi juga bisa memberikan jaminan pada pemulangan jenazah atau pemakaman ketika terjadi kematian di perjalanan. Biaya untuk memulangkan jenazah tidaklah sedikit, namun asuransi bisa memberikan penjaminan jika terjadi hal tak diinginkan.

Dengan harga premi yang murah meriah, asuransi travel adalah sebuah jaminan yang wajib dimiliki. Hal yang perlu diingat adalah, sebagian besar penyedia asuransi ini memberlakukan sistem klaim berupa reimburse alias pengguna membayar terlebih dahulu dan nantinya akan diganti oleh perusahaan asuransi.

Baca Juga
Mengharukan! Demi Pandu Pesawat yang Terbang Saat Gempa Palu, ATC Bandara ini Korbankan Nyawanya
Heboh Suara ‘Dengungan’ Aneh di Pekalongan, Warga Sempat Mengira Benda ini Lewat
Ketahuan Merokok di Toilet Pesawat, Wanita Ini Justru Ancam Bunuh Semua Penumpang

Pilihlah asuransi terbaik dan memberikan perlindungan terlengkap agar perjalanan liburan jadi lebih tenang.

Note: foto diambil dari https://unsplash.com/photos/Zyi2Zex3WUY (free for commercial use)