skincare berbahaya

MANAberita.com – BANYAK skincare palsu yang disita BPOM dan tentu membuat wanita menjadi resah saat berbelanja produk kosmetik.

Yap, sederet produk skincare dan pemutih wajah ilegal palsu memang masih beredar bebas tanpa izini BPOM.

Jika mundur ke belakang, pada tahun 2017 lalu polisi sudah sempat ungkap kosmetik palsu berbahan dasar “lotion” dan minyak sayur di pasaran.

pemalsuan berbagai jenis kosmetik ini ditemukan di wilayah Jakarta Utara.

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri menangkap LE alias E, pemilik tempat produksi kosmetik palsu tersebut.

Tersangka memproduksi barang-barang tersebut di rumahnya di perumahan Sunter Jaya, Jalan Lantana II Blok G1 Nomor 18A, Jakarta Utara.

Tentunya kamu nggak mau kan, kalau sampai produk yang kamu pakai adalah salah satu produk ilegal yang lolos dari izin BPOM.

Melansir Stylo.ID, inilah ciri-ciri skincare palsu dan asli yang aman menurut pihak BPOM.

Baca Juga
Ini Cara Membedakan Orang Kesurupan Asli dan Tidak
Hati-hati! Inilah 5 Bahan Skincare yang Bahaya untuk Kulit Sensitifmu
Bukan Karena Oplas, Wajah Wanita Ini Tiba-Tiba Membesar Usai Pakai Pewarna Rambut

Menurut Maya Gustina Andarini, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik BPOM, beberapa cara bisa kamu lakukan sebelum memutuskan untuk membeli produk skincare.

“Saat akan membeli kosmetik, jangan lupa untuk KLIK. Yaitu K Kemasan, kita lihat kemasannya masih bagus atau tidak. L Label, apakah labelnya lengkap ada nama importirnya, alamat lengkapnya. I Izin edar, untuk izin edar sendiri hanya diawali dengan huruf N misalnya NA, NC, ND, kalau pakai huruf lain pasti bukan dari BPOM. Dan, yang terakhir K kandungannya kita lihat apakah ada yang berbahaya atau tidak,” katanya. (Ila)