ilustrasi

MANAberita.com – RASULULLAH  Shalallahu ‘alaihi wassalam dikenal paling suka bersedekah. Allah Subhanahu wa ta’ala akan melipat gandakan nikmatnya pada manusia yang mau bersedekah. Suatu ketika dalam sebuah majelis, beliau menganjurkan kepada para sahabat dan orang yang hadir untuk bersedekah. Begitu menerima anjuran Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam, para sahabat dan orang-orang segera bersedekah. Terkecuali Abu Umamah. Ia tetap duduk di majelis Nabi sambil menggerak-gerakkan bibirnya. Ia seperti sedang mengucapkan sesuatu.

Rasulullah lalu bertanya, “Mengapa kau menggerak-gerakkan bibir”?

Abu Umamah menjawab, “Ya Rasulullah saya melihat orang-orang bersedekah. Namun saya tidak memiliki apa pun untuk disedekahkan. Maka saya membaca Subhanallah Walhamdulillah wa Laa Ilaahaillallah Wallahu Akbar”!

Mendengar penuturan Abu Umamah, Rasulullah kemudian bersabda, “Hai Abu Umamah, kalimat itu lebih baik bagimu dari pada sedekah satu mud emas kepada orang-orang miskin”!

Abu Umamah merasa lega. Meskipun ia tidak memiliki sesuatu untuk disedekahkan, setidaknya ia masih dapat melakukan suatu kebaikan yang berpahala.

Membaca “Subhanallah, Walhamdulillah, Wa Laa Ilaahaillallah, Wallahu Akbar” dapat mendatangkan pahala sedekah. Rutinkan bacaan ini selepas menunaikan shalat fardlu dan jadikan bacaan ini sebagai amalan kita sehari-hari. (Sam)

Baca Juga
Zakat Mal : Penerima zakat
Ini 7 Cara Islami Agar Mudah Move On dari Mantan
Fiqih Imam Syafi’i ; Hukum Hukum Islam