Badai Fiona Menghantam Puerto Rico Mengakibatkan Listrik Dipadamkan

Manaberita.com – BADAI Fiona mendarat di Puerto Rico pada hari Minggu sebagai badai Kategori 1, melumpuhkan kekuatan dan mengancam akan menyebabkan “bencana banjir” di bagian-bagian terpencil Amerika Serikat. “Sudah waktunya untuk bertindak dan berhati-hati,” kata komisaris manajemen darurat Puerto Rico, Nino Correa, Minggu. Pusat Badai Nasional AS (NHC) mengatakan di Twitter bahwa badai itu mendarat di pantai barat daya wilayah pulau AS “dekat Punta Tocon pada pukul 15:20” (1920 GMT). .

Melansir dari Aljazeera, Kilometer per jam. Badai Kategori Satu adalah tingkat terendah pada skala Saffir-Simpson. Para peramal cuaca mengatakan hujan diperkirakan akan menghasilkan tanah longsor dan banjir besar, dengan kemungkinan hingga 25 inci (64 sentimeter) di daerah-daerah terpencil. “Banjir bencana diperkirakan”, NHC mengatakan sebelumnya, menambahkan bahwa badai dapat menghasilkan “banjir gelombang badai setinggi satu hingga tiga kaki [0,3-0,9 m] di atas tanah yang biasanya kering di sepanjang pantai timur dan selatan Puerto Rico dan pulau-pulau Vieques dan Culebra”.

Kantor Layanan Cuaca Nasional San Juan juga memperingatkan di Twitter tentang “banjir bandang yang mengancam jiwa, jalan raya dan jalan-jalan, serta daerah perkotaan, dataran rendah dan berdrainase buruk.” Badai telah menyebabkan kematian, dengan seorang pria dibiarkan tewas ketika rumahnya tersapu banjir di departemen luar negeri Prancis Guadeloupe, ketika Fiona masih diklasifikasikan sebagai badai tropis. Biden mengumumkan keadaan darurat untuk Puerto Rico pada hari Minggu ketika Fiona mendekati pulau itu, memberi wewenang kepada Badan Manajemen Darurat Federal untuk memberikan bantuan.

Gubernur Puerto Rico Pedro Pierluisi mengatakan pada konferensi pers hari sebelumnya bahwa “kami meminta penduduk untuk tidak meninggalkan rumah mereka dan pergi ke tempat penampungan jika mereka berada di daerah rawan tanah longsor dan banjir.” Pulau, yang telah menderita masalah infrastruktur besar selama bertahun-tahun, dilanda badai Irma dan Maria pada tahun 2017, menghancurkan jaringan listriknya. Jaringan diprivatisasi pada Juni 2021 dalam upaya untuk menyelesaikan masalah pemadaman, tetapi masalah ini terus berlanjut, dan seluruh pulau kehilangan listrik awal tahun ini.

Pemadaman listrik melanda Puerto Rico bahkan sebelum kekuatan penuh Badai Fiona melanda, dengan lebih dari 388.000 orang tanpa listrik, menurut situs web pelacakan PowerOutage.us. Bekas koloni Spanyol itu menjadi wilayah AS pada akhir abad ke-19 sebelum memperoleh status negara bebas terkait pada tahun 1950.

Setelah bertahun-tahun mengalami kesengsaraan keuangan dan resesi, pada tahun 2017 pulau itu menyatakan kebangkrutan terbesar yang pernah ada oleh pemerintah lokal AS. Belakangan tahun itu, badai Irma dan Maria menambah kesengsaraan pulau itu, dan memicu perseteruan antara San Juan dan Washington.

Pemerintahan Presiden AS Donald Trump saat itu secara luas dituduh gagal memberikan bantuan federal yang memadai ke Puerto Rico setelah Badai Maria melanda. Rekaman Trump melemparkan handuk kertas kepada para penyintas selama kunjungan ke pulau itu menuai kritik, dan dia kemudian mengklaim jumlah korban tewas akibat badai telah digelembungkan oleh Demokrat untuk “membuat saya terlihat seburuk mungkin”.

[Bil]

Komentar

- Sponsored Ad -

Terbaru

  • Fri, 30 Sep 2022
Diduga Rizky Billar Selingkuh, Lesti Alami KDRT

MANAberita.com –  KEHIDUPAN rumah tangga pasangan selebritis, Rizky Billar dan Lesti Kejora tengah diterpa...

  • Fri, 30 Sep 2022
Pengacara ungkap Kondisi Lesti Kejora usai Alami KDRT

MANAberita.com –  LESTI Kejora dikabarkan tengah mendapatkan perawatan kesehatan di...

  • Fri, 30 Sep 2022
Polisi: 2 Kali Pertengkaran Sebelum Rizky Billar Cekik dan Banting Lesti Kejora

MANAberita.com –  LESTI Kejora resmi melaporkan Rizky Billar, terkait tuduhan...

  • Fri, 30 Sep 2022
Putri Candrawathi Resmi Ditahan

MANAberita.com –  ISTRI mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, Putri...

  • Thu, 29 Sep 2022
Polisi di Nganjuk Patroli Pakai Motor Klasik

MANAberita.com – KEPOLISIAN Polres Nganjuk dalam satuan tugas bernama ‘Polisi...

  • Thu, 29 Sep 2022
Moeldoko Komentari soal Tinggi Prajurit TNI: Disiapkan untuk Perang, Bukan Baris Berbaris

MANAberita.com –  KEPALA Staf Presiden (KSP) Moeldoko tidak mempermasalahkan Panglima...

Press ESC to close