Waduh! Setelah Pemimpin Chili Tolak Duta Besar Baru Israel Pertengkaran Diplomatik Muncul

Manaberita.com – KETEGANGAN diplomatik meningkat setelah presiden Chili menunda penerimaan duta besar Israel yang baru untuk Santiago setelah pembunuhan seorang remaja Palestina di Tepi Barat yang diduduki. Sebagai tanggapan, Kementerian Luar Negeri Israel memanggil Duta Besar Chili Jorge Carvajal untuk apa yang disebut negara itu sebagai teguran pada sebuah pertemuan, di mana dia berkata, “Tanggapan Israel akan diklarifikasi”.

Melansir dari Aljazeera, Kontroversi dimulai pada hari Kamis ketika Menteri Luar Negeri Chili Antonia Urrejola mengatakan kepada Duta Besar Israel yang baru diangkat Gil Artzyeli bahwa Presiden Chili Gabriel Boric menunda pertemuan untuk menerima sertifikatnya hingga Oktober. “Itu karena hari ini adalah hari yang sensitif karena kematian anak di bawah umur,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Chili dalam pesan teks, merujuk pada kematian Odai Trad Salah, bocah Palestina berusia 17 tahun pada hari itu.

Salah ditembak di kepala oleh pasukan Israel di desa Kufr Dan dekat kota Jenin di Tepi Barat yang diduduki, menjadi orang Palestina ke-149 yang dibunuh oleh Israel tahun ini. Israel menyerang penghinaan pada hari Jumat dengan kementerian luar negerinya melabelinya sebagai “perilaku yang membingungkan dan belum pernah terjadi sebelumnya” dan menambahkan dalam pernyataannya: “Ini sangat merusak hubungan antara kedua negara.”

Pada hari Kamis, Artzyeli, duta besar baru, berusaha meredakan ketegangan menyusul apa yang dia katakan sebagai pertemuan “luas” di mana otoritas Chili berulang kali meminta maaf. “Menjadi orang Israel dan Yahudi, orang-orang saya telah melihat hal-hal yang lebih buruk dalam 4.000 tahun terakhir,” katanya kepada wartawan di Santiago. “Kami akan mengatasi insiden ini demi kebaikan Chili, kebaikan Israel, dan hubungan bilateral kami.”

‘Posisi selamat datang’

Langkah Boric mendapat pujian dari Otoritas Palestina pada hari Jumat. “Kami menyambut baik posisi presiden Chili, yang sejalan dengan hukum dan resolusi internasional, dan kami menghargai posisi ini yang bertujuan untuk memberikan tekanan pada pemerintah Israel untuk menghentikan kejahatan harian yang sedang berlangsung terhadap rakyat kami,” kata Ahmad al-Deek, penasihat untuk menteri luar negeri Palestina.

Kementerian kesehatan Palestina mengatakan pasukan Israel membunuh remaja itu pada hari Kamis dalam bentrokan, yang terbaru dalam serangkaian insiden mematikan yang telah memicu kekhawatiran eskalasi. Boric yang berhaluan kiri telah sering berbicara menentang Israel dan operasi militernya. Dalam sebuah wawancara televisi tahun lalu, Boric, yang menjadi presiden Chili pada bulan Maret, ditanya apakah dia mempertahankan pendapatnya sebelumnya bahwa Israel adalah negara “genosida dan pembunuh”. “Saya mempertahankannya,” jawabnya.

Pada 2019, komunitas Yahudi Chili mengirimi Boric sebotol madu untuk merayakan Tahun Baru Yahudi. Boric menanggapi di Twitter: “Saya menghargai isyarat itu tetapi mereka bisa mulai dengan meminta Israel untuk mengembalikan wilayah Palestina yang diduduki secara ilegal.”

[Bil]

Komentar

- Sponsored Ad -

Terbaru

  • Fri, 30 Sep 2022
Diduga Rizky Billar Selingkuh, Lesti Alami KDRT

MANAberita.com –  KEHIDUPAN rumah tangga pasangan selebritis, Rizky Billar dan Lesti Kejora tengah diterpa...

  • Fri, 30 Sep 2022
Pengacara ungkap Kondisi Lesti Kejora usai Alami KDRT

MANAberita.com –  LESTI Kejora dikabarkan tengah mendapatkan perawatan kesehatan di...

  • Fri, 30 Sep 2022
Polisi: 2 Kali Pertengkaran Sebelum Rizky Billar Cekik dan Banting Lesti Kejora

MANAberita.com –  LESTI Kejora resmi melaporkan Rizky Billar, terkait tuduhan...

  • Fri, 30 Sep 2022
Putri Candrawathi Resmi Ditahan

MANAberita.com –  ISTRI mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, Putri...

  • Thu, 29 Sep 2022
Polisi di Nganjuk Patroli Pakai Motor Klasik

MANAberita.com – KEPOLISIAN Polres Nganjuk dalam satuan tugas bernama ‘Polisi...

  • Thu, 29 Sep 2022
Moeldoko Komentari soal Tinggi Prajurit TNI: Disiapkan untuk Perang, Bukan Baris Berbaris

MANAberita.com –  KEPALA Staf Presiden (KSP) Moeldoko tidak mempermasalahkan Panglima...

Press ESC to close