Amerika Serikat Dan Meksiko Membunyikan Alarm Terhadap Wabah Jamur Terkait Operasi Kosmetik

Manaberita.com – MENANGGAPI wabah jamur yang terkait dengan prosedur kosmetik di Meksiko, otoritas AS dan Meksiko memohon kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengumumkan keadaan darurat kesehatan masyarakat. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), meningitis merenggut nyawa dua pasien yang menjalani prosedur dengan anestesi epidural. Di AS dan Meksiko, hampir 400 orang diawasi. Di kota Matamoros, Meksiko, dua klinik bedah kosmetik telah ditutup.

Dilansir BBC, Pihak berwenang telah menyarankan orang yang menjalani prosedur yang melibatkan anestesi epidural baik di River Side Surgical Center atau Clinica K-3 sejak Januari untuk dievaluasi, bahkan jika mereka saat ini tidak mengalami gejala apa pun. CDC melaporkan bahwa 25 orang di AS telah diidentifikasi memiliki kasus “kecurigaan” atau “kemungkinan” meningitis jamur.

Untuk prosedur kosmetik seperti sedot lemak, pembesaran payudara, dan pengencangan bokong Brasil, yang semuanya memerlukan suntikan anestesi di dekat tulang belakang, banyak orang Amerika yang bepergian ke Meksiko. Dallas Smith dari CDC menyatakan bahwa morfin dan obat lain yang digunakan bersamaan dengan epidural selama operasi mungkin telah terkontaminasi dengan anestesi yang digunakan dalam wabah saat ini.

Menurut Tuan Smith, ada kekurangan saat ini di Meksiko dan ada kemungkinan obat-obatan yang tercemar dapat dijual di pasar gelap. 39 orang meninggal di negara bagian Meksiko Durango Oktober lalu setelah ditemukan bahwa sejumlah anestesi lokal yang sering digunakan untuk prosedur seperti kelahiran caesar telah terkontaminasi oleh jamur yang sama. Sakit kepala adalah gejala awal meningitis jamur yang paling khas, diikuti dengan gejala seperti demam, mual, nyeri leher, dan penglihatan kabur.

Baca Juga:
17 Tahun Jadi Buronan, Narapidana Kasus Perdagangan Manusia Berhasil Ditangkap Berkat Drone

Obat antijamur dapat digunakan untuk mengobati meningitis jamur, yang tidak menular tetapi dapat dengan cepat mematikan setelah gejala muncul. Untuk perawatan medis yang murah, orang Amerika sering bepergian ke Meksiko. Ketika suatu penyakit menyebar secara internasional dan tanggapan internasional yang terkoordinasi mungkin diperlukan untuk mengendalikannya, WHO mengumumkan keadaan darurat kesehatan masyarakat.

[Bil]

Komentar

Terbaru