Simak yuk Perbedanya CV dan Daftar Riwayat Hidup!

Manaberita.com – ISTILAH CV atau Curriculum Vitae dan daftar riwayat hidup kerap ada dalam pengurusan administrasi seperti saat seseorang hendak melamar pekerjaan.

Kedua istilah tersebut memiliki persamaan dan perbedaan. Tahukah kamu apa bedanya CV dan daftar riwayat hidup?

Melansir dari detikcom, Secara umum persamaan CV dan daftar riwayat hidup terletak pada bahwa keduanya memuat informasi mengenai data diri seseorang. Lantas apa perbedaan antara CV dan daftar riwayat hidup? Simak penjelasannya berikut ini:

Pengertian CV dan Daftar Riwayat Hidup

Sebelum membahas lebih lanjut tentang apa bedanya CV dan daftar riwayat hidup, perlu diketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan CV dan daftar riwayat hidup. Mengutip dari situs Prakerja, CV atau Curriculum Vitae adalah sebuah dokumen yang berisi daftar riwayat hidup.

Isi CV memuat informasi lengkap dan kronologis mengenai data diri, latar belakang akademik beserta prestasi dan pencapaiannya, pengalaman profesional, kualifikasi, dan deskripsinya. Biasanya panjang CV adalah satu sampai dua halaman atau lebih, tergantung tujuan pembuatannya.

Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), daftar riwayat hidup adalah uraian tentang segala sesuatu yang telah dialami (dijalankan) seseorang. Mengutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman seseorang.

Baca Juga:
Dinas Sosial Dan TP-PKK Ambon Berbagi 50 Paket Bantuan Nutrisi

Perbedaan CV dan Daftar Riwayat Hidup

Biasanya Curriculum Vitae atau CV disebut juga sebagai daftar riwayat hidup karena dalam CV memuat informasi tentang riwayat hidup seseorang. Namun ketika membahas tentang perbedaan keduanya adalah terletak pada kelengkapan isi.

Menurut situs Prakerja, isi CV ditulis secara lengkap dan kronologis. Sebab tujuan CV adalah untuk menjelaskan riwayat hidup selengkap-lengkapnya. Biasanya isi CV lebih berfokus pada latar belakang dan pengalaman profesional atau pendidikan.

Baca Juga:
Mantap! 12 Unit Truk Compactor Ditambahkan Dari DLH Kota Bandung Untuk Optimalkan Pengangkutan Sampah

Sedangkan untuk isi daftar riwayat hidup ditulis secara singkat. Sebab tujuan daftar riwayat hidup adalah sebagai pengenalan diri saja, yang mana dokumen daftar riwayat hidup ini memuat informasi riwayat hidup seseorang secara singkat dengan hanya mencantumkan poin-poin penting saja.

Demikian penjelasan tentang apa bedanya CV dan daftar riwayat hidup yang biasa digunakan seseorang untuk melamar pekerjaan. Meski keduanya sama-sama memuat riwayat hidup seseorang, namun ada beberapa poin yang membedakan keduanya. Semoga bermanfaat!

(Rik)

Komentar

Terbaru