Pemerintah Subsidi Rp66 M Demi Tiket LRT Jabodebek Murah

  • Selasa, 29 Agustus 2023 - 22:39 WIB
  • Nasional

MANAberita.com – DIRJEN Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Mohamad Risal Wasal mengungkapkan, pemerintah telah mengucurkan Rp66 miliar untuk subsidi pokok termasuk tarif LRT Jabodebek.

Hibah ini juga merupakan Public Service Obligation (PSO) Departemen Perhubungan.

“Setahun itu anggaran yang disiapkan (untuk) subsidi sarana untuk penumpang Rp66 miliar,” ucap Risal di Stasiun Dukuh Atas, Senin (28/8).

Berkat subsidi ini, tiket LRT Jabodebek bisa turun hingga kurang dari Rp 20.000 untuk perjalanan terjauh.

Sedangkan pada tahap pertama, pemerintah akan melakukan pemotongan. Dengan begitu, masyarakat Hisa bisa menjajal LRT hanya Rp 5.000 hingga September mendatang.

Baca Juga:
Inilah Susunan Lengkap Nama Menteri Kabinet Joko Widodo – Ma’ruf Amin

“Semuanya PSO, mau Rp20 ribu, mau Rp5.000 itu disubsidi oleh pemerintah,” kata Risal.

Mengutip CNN, tarif LRT Jabodebek sendiri sudah ditetapkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 67 Tahun 2023 tentang Tarif Angkutan Orang dengan Kereta Api Ringan Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi untuk Melaksanakan Kewajiban Pelayanan Publik.

Berdasarkan regulasi ini, tarif dasar LRT Jabodebek ditetapkan mulai Rp5.000 untuk 1 km pertama, dan bertambah sebesar Rp700 per km selanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan besaran subsidi untuk tiket LRT tahun depan masih digodok. Menurutnya, besaran subsidi itu akan disesuaikan dengan harga tiket.

Baca Juga:
Hong Kong Mempersingkat Masa Karantina Hotel Setelah Larangan Penerbangan Dari Delapan Negara Diperpanjang

“Nanti untuk 2024 kami lihat tergantung tadi penetapan harga tiketnya,” ucapnya.

Sri Mulyani pun menekankan dana subsidi itu berasal dari APBN.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmikan LRT Jabodebek pagi ini. Masyarakat pun bisa menjajal transportasi publik ini mulai siang ini.

Jalur yang diresmikan terdiri dari dua rute, yakni Cibubur melewati Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Harjamukti PP dan line Bekasi melewati Stasiun Dukuh Atas-Cawang-Halim-Jatimulya PP. Total 18 stasiun menghubungkan Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Baca Juga:
Waduh! Portofolio Kementerian Dipegang Diam-diam Oleh Mantan PM Australia

“Alhamdulillah hari ini LRT siap dioperasikan. Baik dari Harjamukti di Cibubur. Dari Bekasi ke Jakarta. (LRT Jabodebek) sepanjang 41,2 km menghabiskan Rp32,6 triliun,” ucap Jokowi di Stasiun Cawang.

Ia berharap, dengan LRT, masyarakat beralih dari transportasi pribadi ke transportasi umum. Dengan demikian, kemacetan di Jakarta dan sekitarnya bisa dikurangi.

“Kenapa dibangun MRT LRT KRL Transjakarta BRT, kereta bandara? Agar masyarakat kita semua beralih dari transportasi pribadi ke transportasi massal. Memang tidak mudah,” ujarnya.

(sas)

Komentar

Terbaru