MANAberita.com – MENSTRUASI adalah hal yang tidak bisa dihindari dari perempuan, begitu juga efek sakit yang ditimbulkan saat menstruasi. Darah yang diluruhkan saat menstruasi disebabkan tidak terjadinya pembuahan.

Siklus bulanan ini dapat membuat suasana hati Anda kacau, sakit pada bagian perut, dan lesu, hal ini disebabkan oleh perubahan hormon estrogen pada perempuan. Ketika Anda mengalami kondisi PMS (premenstrual syndrome), atau kram saat menstruasi, rasanya Anda tidak ingin melakukan apa-apa, hanya berbaring saja di kasur.

Penelitian baru-baru ini juga mengungkap fakta menarik, yaitu sangat normal saat kita lebih membutuhkan kasih sayang, sebab hormon progesteron juga mengalami penurunan.

Selain itu, kita sering mendengar mitos-mitos yang beredar di masyarakat, seperti saat menstruasi tidak boleh pergi malam-malam, padahal belum adanya penelitian dari sisi medis yang mengatakan hal seperti itu. Benarkah ada hal-hal yang tidak dapat dilakukan saat menstruasi? Apa saja hal-hal tersebut?

Berikut ini hal-hal yang perlu Anda hindari saat sedang menstruasi:

1. Menonton film yang membuat emosi Anda jungkir balik

Anda perlu menghindari film menguras emosi Anda. Anda akan mengalami penurunan hormon estrogen dan progesteron pada masa menstruasi. Oleh karena itu, emosi Anda pun akan tidak seimbang.

Hormon estrogen mempengaruhi otak perempuan, yang dikaitkan juga dengan emosi, dan proses kognitif. Ketika menstruasi, kita bisa merasa bahagia, lalu tiba-tiba kesal, tiba-tiba marah, dan cemas. Jadi, sebaiknya hindari menonton film yang membuat Anda depresi.

2. Waxing dan cabut bulu

Penurunan hormon estrogen dan progesteron juga membuat tubuh kita lebih peka terhadap rasa sakit. Tubuh kita pun mengalami perubahan, seperti payudara yang bengkak, dan sakit.

Baca Juga
Catat! Begini Cara Merapatkan Miss V Dengan Kunyit
Meskipun Tak Sengaja, Inilah Bahaya Menelan Semut, Salah Satunya Bisa Jadi Pelupa!
Dipakaikan Minyak Urut Oleh Ibunya, Bayi ini Alami Gangguan Hati, Kok Bisa??

Jadi sebaiknya hindari kegiatan yang akan membuat Anda merasa sakit, seperti mencabut gigi, waxing bulu ketiak, mencabut bulu alis dan bulu halus lainnya. Tunggu sampai menstruasi Anda selesai, ketika kedua hormon tersebut telah kembali normal.

Next…