Ilustrasi

MANAberita.com — MENGHITAMNYA kulit pada area selangkangan merupakan kasus umum yang sering terjadi. Kamu mungkin menganggap hal ini dapat menurunkan rasa percaya diri.

Perubahan warna pada area selangkangan dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari iritasi kulit, usia, pakaian dalam yang ketat, sering mencukur, hingga obesitas dapat menjadi pemicu area kewanitaanmu menghitam.

Kamu wajib tahu cara pencegahan agar area selangkangan tidak menghitam
Cara Mencegah Menghitamnya Kulit Area Kewanitaan

Loading...

Kamu bisa mencegah menghitamnya area selangkangan dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Hindari pemakaian pakaian dalam yang terlalu ketat.

Produksi keringat berlebih ditambah gesekan pada area selangkangan dipercaya dapat menggelapkan kulit area intimmu. Oleh karena itu, usahakan pilih pakaian dalam yang mudah menyerap keringat seperti bahan katun.

  • Menggunakan pisau cukur terlalu sering dianggap dapat menghitamkan area kewanitaanmu. Hal ini disebabkan oleh gesekan secara terus-menerus antara alat cukur dengan kulit.
  • Selain mencukur, menggunakan metode waxing dengan cairan yang terlalu panas dapat membuat kulitmu mudah teriritasi dan nampak lebih gelap.
  • Salah satu cara yang dapat kamu lakukan agar mengurangi kehitaman pada area selangkangan ialah menggunakan tabir surya sebelum berenang ataupun saat ke pantai.
  • Eksfoliasi juga berfungsi dalam mengangkat sel kulit mati dan kusam. Kamu bisa menggunakan scrub dan gosok secara perlahan. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

Penyebab lain menghitamnya selangkangan adalah akantosis nigrikans. Kondisi ini adalah sebuah gangguan pada kulit yang ditandai dengan warna kulit yang lebih gelap, bila dibandingkan area lainnya. Kelebihan berat badan (obesitas) serta kondisi medis seperti diabetes melitus bisa menjadi pemicu kondisi ini.

Baca Juga
Ternyata ini Kode Jika Si Dia Mulai Hilang Perasaan Sama Kamu, Catat ya!
Kebiasaan Buruk di Pagi Hari ini Ternyata Bisa Menyebabkan Kulit Rusak
Bumil! Kenali Tanda-Tanda Keguguran yang Tak Disadari

Tidak hanya pada area selangkangan, gangguan kulit tersebut juga dapat muncul pada area yang memiliki lipatan-lipatan pada kulit, seperti pada leher, ketiak, ataupun belakang lutut. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi berat badanmu dan rajin memeriksakan kondisi kesehatanmu secara berkala.

Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan konsultasi kepada dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang baik. (Dil)