Ilustrasi

MANAberita.com – PERNIKAHAN dalam syariat Islam adalah Sunnah. Akan tetapi, sangat dianjurkan bagi seorang mukmin karena demi menghindari perbuatan-perbuatan zina dan tercela. Namun dalam Islam ada beberapa tipe wanita yang tidak boleh dinikahi.

Setiap muslim pasti mendambakan pernikahan yang Sakinnah, Mawwadah, Warrahmah. Pernikahan yang dapat membawa ketentraman dalam kehidupannya.

Suatu kebahagiaan bagi seorang mukmin jika mendapatkan seorang istri yang shalihah. Seperti sabda Nabi Muhammad SAW, “Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah wanita shalihah” (HR. Imam Thabrani)

Imam Al Ghazali pernah memberikan nasihat kepada laki-laki muslim agar tidak menikahi enam tipe wanita, yaitu: Al Annanah, Al Mananah, Al Hananah, Al Haddaqah, Al Barraqah, dan Asy Syadaqah.

Al Annanah adalah tipe pertama wanita yang tidak boleh dinikahi

Al Annanah atau suka mengeluh, bagaimana jadinya bila istri yang Anda nikahi adalah wanita yang suka mengeluh dan mengadu.

Pasti sangat sulit untuk mencapai sakinnah dalam berumah tangga. Sifatnya yang suka mengeluh dan mengadu ini dapat memicu konflik dalam rumah tangga.

Al Mananah

Al Mananah merupakan sifat yang suka mengungkit. Jelas sekali sifat ini bukanlah sifat yang baik dan dapat menghambat suami menjalankan tugasnya sebagai kepala keluarga.

Sebab apapun yang telah dilakukan atau diberikan istri akan terus diungkit olehnya.

Al Hananah

Tipe sifat wanita ini suka membanggakan orang di masa lalunya. Tentu saja perasaan suami akan merasa tidak dihargai jika sang istri selalu membanggakan dan mengingat orang dari masa lalunya.

Al Haddaqah

Al Haddaqah merupakan sifat wanita yang konsumtif dan boros. Selalu meminta ini dan itu pada sang suami.

Sekalipun si suami memiliki harta banyak atau orang kaya, namun dalam Islam sikap boros dan konsumtif menjadi salah satu sifat yang tidak disukai oleh Allah SWT.

Apalagi jika kondisi ekonomi suaminya pas-pasan, tak terbayang bagaimana pusingnya jadi suami dengan tipe wanita seperti ini?

Al Barraqah

Al Barraqah mempunyai dua arti yang berbeda. Arti yang pertama adalah wanita yang suka bersolek sepanjang hari dan berlebihan dalam menghias dirinya.

Lalu pengertian yang kedua adalah wanita yang suka marah hanya karena makanan. Lebih suka makan sendiri dan tidak mau berbagi, jika menurutnya bagiannya itu kurang maka secara tak segan akan meminta tambahannya.

Asy Syadaqah

Asy Syadaqah adalah wanita yang banyak bicara atau cerewet. Semua hal akan dikomentarinya secara negatif.

Hal yang benar saja dikomentari negatif, apalagi jika si suami melakukan kesalahan? Menikah dengan tipe wanita ini akan cukup menyiksa.

Bagaimana tidak, semua tindakan suaminya tak akan lepas dari komentar negatif sang istri. Bahkan Allah sangat tidak menyukai wanita yang banyak bicara yang tidak bermanfaat.

Baca Juga
Ehem!! Inilah 10 Pengorbanan Cewek yang Tak Disadari Cowok
Males Retouch? Lakukan Hal Sederhana ini Jika Ingin Lipstikmu Awet Seharian
Kisah Istri Istri Rasulullah SAW : Juwairiyah binti Haris bin Abu Dhirar

Itulah sifat-sifat wanita yang tidak boleh dinikahi menurut Imam Al Ghazali. Semoga kita semua terhindar dari 6 sifat seperti diatas dan diberikan jodoh terbaik oleh Allah SWT. (Dil)

(Sumber: Tandaseru)