Jokowi Instruksikan Halaman Gedung Perkantoran Wajib Ditanami Pohon

  • Kamis, 31 Agustus 2023 - 07:56 WIB
  • Nasional

Manaberita.com – Joko Widodo Presiden Republik Indonesia, mewajibkan perkantoran menanam pohon di halaman gedung untuk turut membantu penanganan atas polusi udara di Jakarta yang semakin memburuk.

“Penanaman pohon yang sebanyak-banyaknya di kantor-kantor, di halaman kantor yang memang belum ada pohonnya, diwajibkan dan diharuskan. Kemudian kita juga telah melakukan modifikasi cuaca,” kata Jokowi di Semarang, Rabu (30/8).

Jokowi mengatakan ada sejumlah kebijakan yang sudah diterapkan pemerintah, mulai dari sistem kerja dari rumah (WFH) hingga sanksi bagi pabrik pencemar udara.

Baca Juga:
Video Pria Kemayu Kritik Jokowi Viral, Kepolisian Bakal Usut Tuntas

“Saya kira ini sudah, ini memang perlu kerja total, kerja bersama-sama, tetapi memerlukan waktu,” ujarnya.

Melansir dari CNN Indonesia, Jokowi menyampaikan kebijakan WFH tetap akan diberlakukan. Pada saat yang sama, ia ingin ada pengawasan ketat terhadap industri yang berpotensi mencemari udara.

Dia juga mendorong masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik atau transportasi publik.

Baca Juga:
Nasib PPKM Diumumkan Jokowi Besok

Pemerintah sejauh ini telah bergerak menangani polusi Jakarta setelah situs pemantau kualitas udara IQAir memperlihatkan kualitas udara di Jabodetabek, terutama Jakarta, dalam kategori tidak sehat dengan polusi udara PM2,5.

Jokowi dua kali menggelar rapat terbatas khusus membahas polusi. Ia telah menunjuk Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan untuk memimpin penanganan polusi udara Jakarta.

(Rik)

Komentar

Terbaru