Ilustrasi

MANAberita.com – MASTURBASI ialah hal yang umum dilakukan oleh banyak orang. Beberapa juga mempunyai rutinitas mastrubasi tersendiri. Tapi mungkinkah seseorang bisa kecanduan masturbasi?

Dari sisi jumlah, tidak ada ukuran yang pasti seberapa banyak seseorang bisa disebut kecanduan masturbasi. Jumlah itu bervariasi dari tiap orang dan juga berbeda berdasarkan usianya.

Jadi kapan kebiasaan ini menjadi masalah? Berikut ini empat tanda Kamu kecanduan masturbasi, dilansir dari laman Viva.co.id.

Jika menyakiti diri sendiri

Beberapa pria sering melakukan mastrubasi sehingga mereka benar-benar melukai diri mereka sendiri, kata Dr Tobias Köhler, seorang ahli urologi di Southern Illinois University.

Luka-luka ini bisa ringan (misal radang kulit) atau kondisi yang lebih serius seperti penyakit Peyronie, atau jaringan parut yang menumpuk di batang penis yang dapat disebabkan oleh terlalu banyak tekanan saat bermasturbasi.

Mengganggu pekerjaan

Seperti disebutkan di atas, masturbasi ialah hal normal yang dilakukan orang dewasa. Tapi jika hal itu sudah mengganggu pekerjaan artinya Kamu kecanduan masturbasi dan sebaiknya mulai menguranginya.

Kehidupan seks menderita

Beberapa pria yang banyak masturbasi menggunakan satu jenis rangsangan khusus, katakanlah, kategori-kategori video porno tertentu yang digabungkan dengan gerakan tangan tertentu. Ketika tiba saatnya bagi mereka untuk benar-benar berhubungan seks, mereka menemukan bahwa mereka tidak dapat menciptakan kembali jenis kegembiraan yang sama.

Baca Juga
Olahraga Ringan tapi Ampuh Meningkatkan Kesuburan
4 Resiko Bayi Tabung yang Kerap Disembunyikan Dokter
Tak Hanya Buah Zuriat, 7 Buah Ini Juga Bagus untuk Promil

Selalu memikirkannya

Jika saat bangun tidur Kamu ingin bermasturbasi, saat makan siang memikirkannya, bisa jadi Kamu kecanduan masturbasi. Oleh sebab itu, sebaiknya mulai kini Kamu harus mengurangi dan menyesuaikan intensitas masturbasi. (Alz)