Sesajen

MANAberita.com – BALI atau yang disebut juga dengan Pulau Dewata merupakan salah satu destinasi favorit di Indonesia. Orang-orang yang datang ke sini akan dimanjakan dengan berbagai hal. Mulai dari alamnya yang memesona sampai dengan budayanya yang masih sangat terjaga.

Kamu akan mudah melihat sesajen bertebaran di mana-mana. Sesajen atau yang disana disebut dengan canang sari merupakan hal yang paling umum bisa dilihat di sudut Bali. Bentuknya bulat ataupun juga kotak uang diisi dengan daun serta bunga warna warni, terakhir diberi dupa. Ukurannya tidak lebih besar dari telapak tangan.

Melansir Suratkabar, bisanya canang sari ini berada di dalam rumah, toko, hotel, pura, dan lain-lain. Nyoman Suanu selaku Serati Banten, ahli membuat sajen khas Bali menyebutkan jika berwisata ke Bali jangan sekali-kali menginjak jenis sajen apapun yang ditemukan.

“Kalau bisa jangan dilangkahi, jangan diinjak juga, kalau dilakukan dengan sengaja jangan,” jelas Nyoman Suani, perempuan asli Bali yang pekerjaan sehari-harinya sebagai Serati Banten, melansir Suratkabar.

Ia juga menghimbau kepada para wisatawan untuk berhati-hati dengan sajen, jangan sampai menginjak atau berniatan sengaja untuk merusaknya.

Baca Juga
Usai Nur dan Widya, Kini Beredar Cerita KKN di Desa Penari Versi Badarawuhi Si Ratu Ular
Bikin Iri! Driver Ojol ini Bawa Personil Girlband Kpop yang Lagi Liburan di Bali
Depresi Diteror Oleh Pihak Pinjaman Online, Gadis di Bali Tegak Racun Hingga Tewas

“Ada yang, menginjak bahkan menendang itu ada yang kesurupan, ada yang sampai sudah pulang ke tempat asalnya lalu kembali ke Bali untuk memohon ampun dengan roh halus di Bali. Memang seperti itu, bukan mitos,” paparnya.

Bisa percaya atau tidak, namun sudah sepatutnya kita menghargai budaya yang berkembang di tempat yang sedang dituju. (Ila)