Ilustrasi

MANAberita.com — KITA sudah sering mendengar salah satu gangguan mental, yaitu bipolar. Gangguan ini ditandai dengan perubahan mood yang sangat ekstrem. Istilah bipolar disorder mengacu pada suasana hati penderitanya yang dapat berganti secara tiba-tiba.

Banyak orang terkenal yang kita tahu juga mengalami gangguan bipolar ini, sebut saja Marshanda, Demi Lovato, Britney Spears, Kurt Kobain, dan Robin Williams.

Nah, dikutip dari hariansilampari.co.id, ternyata beberapa sifat ini termasuk tanda gangguan bipolar lho.

  1. Perubahan mood secara ekstrem

Pernahkah kamu mengalami perubahan mood secara ekstrem? Saat merasa senang, orang dengan gangguan bipolar bisa merasa sedih seketika. Perubahan mood yang sangat cepat adalah tanda utama bahwa seseorang mengalami gangguan ini, tapi tidak semua. Biasanya mereka berakhir dengan depresi yang berkepanjangan karena mood-nya terlalu berfluktuatif.

  1. Rasa percaya diri yang berlebihan

Memiliki rasa percaya diri itu baik, namun jika berlebihan juga ternyata tidak bagus. Biasanya orang dengan gangguan bipolar memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi. Ini karena suasana hatinya yang juga tinggi, namun ia tidak bisa mengontrolnya.

  1. Perilaku agresif

Saat alami gangguan bipolar, seseorang bisa menjadi sangat agresif karena mengalami iritabilitas yang berlebihan. Terlebih ketika marah, ia akan menunjukkan sifat agresifnya.

  1. Insomnia

Orang dengan gangguan bipolar terkadang mengalami kualitas dan jam tidur yang menurun meskipun mereka merasa lelah. Saat insomnia melanda, mereka merasa jauh lebih produktif.

  1. Suka menghamburkan uang

Seiring dengan tingkat percaya diri yang berlebihan, bisa membuat seorang gangguan bipolar juga memiliki sifat glamor yang berlebihan atau menghambur-hamburkan uang.

  1. Pikiran dan perkataan yang saling balapan

Salah satu sifat orang dengan gangguan bipolar adalah tidak sejalannya pikiran dan perkataan. Mereka bisa berbicara dan berpikir dengan cepat tapi tidak menentu, sehingga kita sulit untuk mengikutinya.

Baca Juga
Ada Benjolan Pada Ketiak Anda? Waspadai 6 Penyakit Berbahaya ini
Bahaya! Jangan Taruh Ponsel di Tempat Ini
Inilah Cara Mengobati Panu pada Anak
  1. Perilaku berbahaya

Para ahli yang menangani orang-orang dengan gangguan bipolar menceritakan kisah-kisah yang luar biasa mengenai pengambilan risiko yang dilakukan mereka, dari perilaku seksual yang tidak pantas, rasa impulsif, penilaian yang buruk, dan distractibility adalah ciri khasnya.

  1. Halusinasi

Ciri khas lain dari orang dengan gangguan bipolar yakni seringnya berhalusinasi dan delusi. (Ila)