Bayi perempuan

MANAberita.com — MEMILIKI bayi yang sehat sudah pasti menjadi dambaan setiap orang tua. Namun pernahkah Moms mendambakan hal yang lebih spesifik, semisal bayi perempuan?

Impian memiliki anak perempuan sebenarnya hal yang wajar dan bisa muncul karena banyak alasan.

Antara lain karena Moms sudah memiliki satu atau beberapa anak pria, maka kemungkinan ingin memiliki anak perempuan juga bisa muncul.

Berikut ini ada beberapa tips hamil anak perempuan yang bisa Moms terapkanz mengutip Oramimagazine.

Meski beberapa metode tidak memberikan jaminan 100% berhasil memiliki anak perempuan, namun tidak ada salahnya Moms pertimbangkan untuk mencoba tips hamil anak perempuan berikut ini.

1. Tips Hamil Anak Perempuan: Metode Shettles

Tips hamil anak perempuan ini diperkenalkan oleh Dr. Landrum Shettles yang memiliki gagasan bahwa terdapat perbedaan antara sperma jantan (Y) dan sperma betina (X).

Sperma jantan memiliki rentang hidup lebih pendek, mampu berenang lebih cepat, dan lebih sensitif dibandingkan sperma betina.

Berdasarkan pengetahuan ini, Moms direkomendasikan untuk melakukan hubungan seksual di waktu tertentu agar dapat hamil anak perempuan, yaitu Moms dan Dads perlu melakukan hubungan seksual setiap hari dari hari terakhir periode Moms hingga tiga sampai empat hari sebelum ovulasi.

Kunci kesuksesan metode Shettles ini adalah jika Moms dapat secara akurat menentukan waktu ovulasi.

Jika tidak mengetahui pasti waktu tubuh Moms berovulasi, maka ada sedikit kemungkinan metode Shettles ini gagal Moms lakukan.

Menurut buku Dr. Shettles yang berjudul Choosing the Sex of Your Baby, “tingkat keberhasilan metode ini terus berkembang hingga 75% bagi mereka yang mendambakan anak perempuan dan 80% bagi mereka yang mendambakan anak laki-laki,” tulisnya, seperti dikutip dari littlethings.com.

2. Tips Hamil Anak Perempuan: Metode Whelan

Tips hamil anak perempuan juga datang dari Dr. Elizabeth Whelan yang mengklaim metode ini memiliki tingkat kesuksesan hingga 57%.

Dikutip dari whattoexpect.com, jauh berbeda dengan metode Shettles, metode Whelan didasarkan pada gagasan bahwa perubahan biokimia dalam tubuh wanita pada waktu tertentu saat siklusnya, membuat sperma Y membuahi telur, sementara di waktu lainnya, biokimia tersebut akan mendukung sperma X.

Jadi, tips hamil anak perempuan menurut metode Whelan adalah dengan berhubungan seksual setidaknya dua sampai tiga hari sebelum ovulasi atau di hari ovulasi.

Namun, muncul kritik mengenai metode ini yang mengatakan bahwa melakukan hubungan seksual empat sampai enam hari sebelum ovulasi terlalu jauh dari waktu pelepasan telur untuk hamil, karena sperma tidak dapat bertahan selama itu.

3. Tips Hamil Anak Perempuan: Pemisahan Sperma

Tips hamil anak perempuan ini didasarkan pada teknologi penelitian terhadap tikus dan belum teruji pada manusia.

Namun, setidaknya dapat menjadi salah satu jalan keluar masa depan bagi Moms yang spesifik menginginkan anak perempuan.

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Plos Biology yang menemukan bahwa sperma kromosom X (betina) melambat saat bahan kimia tertentu ditambahkan, sementara sperma dengan kromosom Y (jantan) akan melesat lebih cepat.

Ketika sperma yang melambat digunakan, maka 81% berhasil menjadi perempuan. Kromosom X memiliki banyak gen, sedangkan kromosom Y hanya memiliki sedikit gen, sehingga ilmuwan dapat dengan mudah membedakan atau memisahkan keduanya.

Proses ini tidak merusak DNA sperma dan bisa diaplikasikan dengan bantuan program hamil IVF atau inseminasi buatan.

Baca Juga
Mengenali 10 Tanda Seseorang Sedang Stres
Seorang Pria Hampir Kehilangan Nyawanya Gara-gara Makan Jeruk, Penyebabnya…
Belajar dari Ani Yudhoyono, Inilah Ciri-Ciri Kanker Darah yang Bisa Menyerang Siapa Saja

“Penggunaan metode ini dalam teknologi reproduksi manusia masih bersifat spekulatif, dan melibatkan masalah etika yang tidak terpengaruh oleh keuntungan dari teknik baru ini,” ungkap ketua peneliti dari Hiroshima University, Masayuki Shimada, seperti dikutip dari independent.co.uk.

Itulah beberapa tips hamil anak perempuan menurut para ahli, dengan tingkat keberhasilannya masing-masing. (Dil)