MANAberita.com – Umat muslim dapat memperbanyak amalan baik sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengamalkan bacaan sholawat Jibril dalam kehidupan sehari-hari.

Bacaan sholawat Jibril merupakan sholawat Malaikat Jibril saat memberikan pengajaran kepada Nabi Adam AS, dimana bacaan ini dapat memberikan berbagai manfaat dan keutamaan jika diamalkan dalam keseharian. Terutama dijadikan sebagai amalan untuk melancarkan rezeki. Bukan hanya itu, bacaan sholawat Jibril dapat menambah pahala dan meningkatkan iman serta takwa kepada Allah.

Dilansir dari laman Merdeka.com, berikut kami merangkum bacaan sholawat Jibril beserta manfaat keutamaannya perlu Anda ketahui.

 Bacaan Sholawat Jibril dan Pengertiannya

Sholawat Jibril atau disebut juga dengan sholawat Jibroil merupakan bacaan sholawat yang singkat sehingga mudah diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Bacaan sholawat Jibril dikenal sebagai amalan penarik rezeki atau pelancar rezeki.

Bacaan sholawat Jibril sangat mudah dilafalkan dan diamalkan. Berikut bacaan sholawat Jibril lengkap dengan latin dan terjemahannya.

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Shallallaahu ‘ala Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam.”

Artinya:

“(Ya Allah) berikanlah tambahan rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad.”

Pengertian Sholawat Jibril

Dinamakan sholawat Jibril, tidak lain karena bacaan sholawat ini dibaca pertama kali oleh Malaikat Jibril. Tepatnya, ketika Malaikat Jibril diutus Allah untuk menuntun dan memberi pelajaran pada Nabi Adam AS sebelum mendekati dengan Hawa.

Saat itu, Nabi Adam ingin memegang Siti Hawa namun Allah SWT melarang karena belum sah dan halal secara agama. Dengan itu, Nabi Adam diwajibkan untuk membayar mahar kepada Siti Hawa. Nabi Adam pun bertanya kepada Allah, mahar apa yang harus dia berikan kepada Siti Hawa. Kemudian Allah berfirman, “Bacalah sholawat kepada kekasihku, Muhammad.”

Setelah itu, malaikat Jibril membisikkan Nabi Adam dengan mengatakan “Shollallahu A’la Muhammad.” Hingga kini, bacaan sholawat ini dikenal sebagai sholawat Jibril. Dengan lafal yang pendek dan singkat, bacaan sholawat ini mudah untuk diamalkan dalam keseharian.

Manfaat dan Keutamaan Bacaan Sholawat Jibril

Setelah mengetahui pengertian dan bacaan sholawat Jibril, berikutnya terdapat beberapa manfaat dan keutamaan yang bisa didapatkan dari amalan sholawat ini. Seperti dikatakan, bacaan sholawat Jibril dikenal sebagai amalan pelancar rezeki.

Dengan mengamalkan sholawat ini secara rutin dalam kehidupan sehari-hari, maka Allah akan memudahkan rezeki dan memberikan pertolongan baginya. Selain itu, terdapat beberapa keutamaan bacaan sholawat Jibril lain yang tidak kalah penting, yaitu sebagai berikut:

  • Dimudahkan dan diberikan rezeki yang berlimpah
  • Mendapat perlindungan dari Allah SWT
  • Mendapat pertolongan dan keselamatan dari Allah SWT
  • Mendekatkan diri kepada Rasulullah SAW
  • Mendapatkan pertolongan di hari kiamat

Selain beberapa keutamaan tersebut, mengamalkan bacaan sholawat Jibril sehari-hari juga dapat memberikan manfaat tersendiri. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan:

  • Mendapatkan salam dan sambutan dari Malaikat menjelang ajal. Manfaat ini bisa didapatkan dengan membaca bacaan sholawat Jibril sebanyak tiga kali setiap selesai sholat magrib.
  • Mendapat salam dan kebahagiaan dari Rasulullah SAW
  • Melancarkan rezeki dari segala
  • Melariskan dagangan
  • Menghapuskan keburukan
  • Membuka 70 pintu rahmat

Cara Mengamalkan Bacaan Sholawat Jibril

Setelah mengetahui beberapa manfaat dan keutamaannya, terakhir penting untuk diketahui cara mengamalkan bacaan sholawat Jibril dengan baik dan sesuai tuntunan.

Secara umum, para ulama menyarankan untuk mengamalkan bacaan sholawat Jibril sebanyak 1.000 kali setelah sholat magrib. Namun ada juga ulama yang menyebutkan bahwa bacaan sholawat Jibril dapat dibaca sebanyak 100 kali saja selesai sholat magrib.

Selain itu, bacaan sholawat ini juga bisa dibaca sebanyak 3.333 kali, 7.000 kali, hingga 10.000 kali setiap hari. Semakin banyak amalan yang dilakukan, maka akan memberikan manfaat kebaikan yang semakin berlimpah bagi siapa saja yang mengerjakannya.

Selesai mengamalkan sholawat Jibril, Anda juga bisa melanjutkan amalan dengan membaca doa pelengkap untuk memohon rezeki. Berikut doa pelengkap bacaan sholawat Jibril beserta artinya yang bisa diamalkan:

Baca Juga
Baku Tembak Yang Terjadi Di Tacoma Selatan Mengakibatkan Deputi Kepolisian Setempat Meninggal
Dikabarkan Ngamar Bareng Atta Halilintar, Liza Aditya Pilih Tempuh Jalur Hukum
Sempat Kirim Pesan Kangen Dengan Mantan Suami, Hilda Fitria Kini Sebut Kriss Hatta Bipolar dan Bencong

“Bismillahirrahmanirrahim. Allahumma a’thinii tsawaaba shollallahu ‘alaa Muhammad an tarzuqonii syai’an asta ‘iinu bihi ‘alath-thoo ‘ah subhaana robbika robbil ‘izzati ‘ammaa yashifuun wasalaamun ‘alal mursaliin walhamdulillahi robbil ‘aalamiin.”

Artinya: “Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, datangkanlah padaku pahala Shollalahu ‘Alaa Muhammad, berilah rezeki padaku, sesuatu yang dapat menolongku untuk taat. Maha suci Tuhanmu, Tuhan yang Maha Mulia dari apa yang mereka sifatkan dan salam sejahtera untuk para Rasul dan segala puji kepada Allah Tuhan semesta alam” (Sekar Ayu).