Ukraina Janji Akan Melakukan Penyelidikan Terkait Video Tentara Ukraina Yang Menembaki Tahanan Rusia

Manaberita.com – SEBUAH vidio menunjukkan tentara Ukraina menembak di lutut orang-orang yang tampaknya adalah tahanan Rusia selama operasi di wilayah Kharkiv.

Dalam video yang berdurasi hampir enam menit, tentara Ukraina terdengar mengatakan mereka telah menangkap kelompok pengintai Rusia yang beroperasi dari Olkhovka, sebuah pemukiman di Kharkiv sekitar 20 mil dari perbatasan Rusia.

Ditanya tentang video tersebut, penasihat senior presiden, Oleksiy Arestovych, mengatakan dalam sebuah wawancara yang diposting di YouTube pada hari Minggu: “Pemerintah menanggapi ini dengan sangat serius, dan akan ada penyelidikan segera. Kami adalah tentara Eropa, dan kami tidak mengejeknya. tahanan kita. Jika ini nyata, ini benar-benar perilaku yang tidak dapat diterima.”

Dalam briefing terpisah, Arestovych mengatakan, “Kami memperlakukan tahanan sesuai dengan Konvensi Jenewa, apa pun motif emosional pribadi Anda.”

CNN telah menghubungi Kementerian Pertahanan Ukraina untuk memberikan komentar. Sebagai tanggapan, kementerian mengirim pernyataan dari kepala Angkatan Bersenjata, Valerii Zaluzhnyi. Pernyataan itu tidak merujuk langsung pada insiden tersebut, tetapi mengatakan, “Untuk mendiskreditkan pasukan pertahanan Ukraina, musuh memfilmkan dan mendistribusikan video yang menunjukkan perlakuan tidak manusiawi oleh ‘tentara Ukraina’ terhadap ‘tahanan Rusia’.

“Saya menekankan bahwa prajurit Angkatan Bersenjata Ukraina dan formasi militer sah lainnya secara ketat mematuhi norma-norma hukum humaniter internasional,” kata Zaluzhnyi. “Saya mendesak Anda untuk mempertimbangkan realitas perang informasi dan psikologis dan hanya mempercayai sumber resmi.”

Tidak jelas unit Ukraina mana yang mungkin terlibat. Para prajurit berbicara dalam campuran bahasa Ukraina dan Rusia dengan aksen Ukraina.

Video itu muncul saat pasukan Ukraina memperoleh keuntungan di timur dan selatan Kharkiv.  Dengan melakukan geolokasi dan memverifikasi video panjang yang diunggah di Telegram pada hari Sabtu yang menunjukkan serangan yang berhasil oleh pasukan Ukraina dari Batalyon Azov, di mana mereka membawa sejumlah tahanan Rusia dalam serangan cepat ke Olkhovka, juga dikenal sebagai Vilkhivka.

Beberapa tahanan ditelanjangi dan ditutup matanya.

Video itu diposting oleh Konstantin Nemichev, seorang pejabat daerah Kharkiv yang ikut serta dalam serangan di Olkhovka. Dia mengatakan bahwa dia tidak terkait dengan rekaman yang muncul yang menunjukkan pasukan Ukraina bertekuk lutut para tahanan Rusia.

“Ini bukan lokasi kami. Saya belum pernah melihat lokasi seperti itu,” katanya pada Minggu.

Dia menyarankan video itu diambil “mungkin di suatu tempat di wilayah [Kharkiv].”.

Dalam tanggapan pertama dari otoritas Rusia, ketua komite investigasi Federasi Rusia, A.I. Bastrykin, mengatakan penyelidikan akan diluncurkan “untuk menetapkan semua keadaan perlakuan buruk terhadap tentara yang ditangkap oleh nasionalis Ukraina.”

Dalam sebuah pernyataan, Bastrykin mengatakan: “Rekaman muncul di Internet di mana tahanan diperlakukan dengan sangat kejam oleh nasionalis Ukraina. Video yang beredar online menunjukkan tentara yang ditangkap, ditembak di kedua kaki dan tidak diberikan bantuan medis. Menurut beberapa laporan, ilegal aksi terjadi di salah satu pangkalan nasionalis Ukraina di wilayah Kharkiv.”

[Bil]

Komentar

- Sponsored Ad -

Terbaru

  • Fri, 30 Sep 2022
Pengacara ungkap Kondisi Lesti Kejora usai Alami KDRT

MANAberita.com –  LESTI Kejora dikabarkan tengah mendapatkan perawatan kesehatan di...

  • Fri, 30 Sep 2022
Polisi: 2 Kali Pertengkaran Sebelum Rizky Billar Cekik dan Banting Lesti Kejora

MANAberita.com –  LESTI Kejora resmi melaporkan Rizky Billar, terkait tuduhan...

  • Fri, 30 Sep 2022
Putri Candrawathi Resmi Ditahan

MANAberita.com –  ISTRI mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo, Putri...

  • Thu, 29 Sep 2022
Polisi di Nganjuk Patroli Pakai Motor Klasik

MANAberita.com – KEPOLISIAN Polres Nganjuk dalam satuan tugas bernama ‘Polisi...

  • Thu, 29 Sep 2022
Moeldoko Komentari soal Tinggi Prajurit TNI: Disiapkan untuk Perang, Bukan Baris Berbaris

MANAberita.com –  KEPALA Staf Presiden (KSP) Moeldoko tidak mempermasalahkan Panglima...

  • Thu, 29 Sep 2022
Medina Zein Peluk Uci Flowdea usai Sidang Vonis

MANAberita.com – SELEBGRAM Medina Zein memeluk pelapor terhadap dirinya, Uci Flowdea...

Press ESC to close