Ukraina Menghancurkan Kapal Perang Rusia di Berdyansk

Manaberita.com – LVIV, Ukraina Angkatan bersenjata Ukraina pada hari Jumat mengidentifikasi sebuah kapal besar Rusia yang mereka katakan dihancurkan di pelabuhan Berdyansk di Ukraina selatan sehari sebelumnya.

CNN memberitakan pelabuhan, yang baru-baru ini diduduki oleh pasukan Rusia dengan beberapa kapal perang Rusia di dermaga, diguncang oleh serangkaian ledakan besar segera setelah fajar pada hari Kamis.

Video media sosial menunjukkan api berkobar di dermaga, dengan serangkaian ledakan sekunder bergema di seluruh kota.

Angkatan bersenjata Ukraina pada hari Jumat menyebut kapal itu sebagai “Saratov.” Dalam laporan sebelumnya, kapal itu disebut sebagai “Orsk.”

Dalam sebuah pernyataan, angkatan bersenjata mengatakan: “Di zona operasional Azov, menurut informasi terbaru, sebuah kapal pendarat besar “Saratov” dihancurkan selama serangan di pelabuhan Berdiansk yang diduduki.
Kapal pendarat besar “Caesar Kunikov” dan “Novocherkassk” [juga] rusak. Kerugian lain dari musuh sedang diklarifikasi.”

Beberapa kapal Rusia telah membongkar peralatan militer di Berdyansk dalam beberapa hari terakhir, menurut laporan dari pelabuhan oleh outlet media Rusia.

Amerika Serikat mengatakan bahwa Ukraina kemungkinan melakukan serangan yang berhasil terhadap kapal-kapal Rusia di Berdiansk, menurut seorang pejabat pertahanan, meskipun tidak jelas jenis senjata atau senjata apa yang digunakan dalam serangan itu.

Ini menggemakan pernyataan serupa dari Kementerian Pertahanan Inggris, yang mengatakan bahwa pasukan Ukraina telah menyerang “target bernilai tinggi” di wilayah Ukraina yang diduduki Rusia, termasuk kapal pendarat dan gudang amunisi di Berdyansk.

Analisis video yang diunggah pada hari Kamis menunjukkan bahwa satu kapal angkatan laut Rusia meninggalkan pelabuhan segera setelah ledakan.

Kementerian Pertahanan Rusia tidak memberikan komentar resmi tentang ledakan tersebut.

Berdyansk terletak di Laut Azov dan kira-kira berjarak 45 mil (70 kilometer) barat daya Mariupol. Kota ini memiliki pangkalan angkatan laut kecil dan populasi sekitar 100.000.

Pasukan militer Rusia pertama kali menduduki gedung-gedung pemerintah Berdyansk pada 27 Februari, tiga hari setelah invasi Rusia dimulai.
Mariupol masih menghindari kendali Rusia meskipun dikepung dan dihantam tanpa ampun, blok demi blok, oleh senjata Rusia.

Pembelanya menolak ultimatum untuk menyerah pada Senin pagi, menggagalkan upaya Rusia untuk menyelesaikan jembatan darat yang menghubungkan Krimea dengan republik separatis di wilayah Donbas timur.

Rusia telah menembaki Mariupol dari Laut Azov, menurut seorang pejabat senior pertahanan AS, menggunakan sekelompok sekitar tujuh kapal untuk melancarkan serangan ke kota pesisir yang kritis itu.

Lebih jauh ke barat, Ukraina telah berjuang untuk merebut kembali kota Kherson, serta mendorong pasukan Rusia dari timur laut Mykolaiv, memaksa mereka untuk memposisikan kembali selatan kota, seorang pejabat senior pertahanan AS mengatakan Selasa.

Pejabat itu memperingatkan bahwa AS tidak dapat mengatakan apakah langkah ini merupakan bagian dari “rencana operasional yang lebih besar” oleh Ukraina, tetapi menyebut pertahanan Ukraina “gesit” dan “gesit.”

Cerita ini telah diperbarui dengan informasi baru dari pejabat Ukraina.

Komentar

- Sponsored Ad -

Terbaru

  • Tue, 09 Aug 2022
Kapolri Tetapkan Ferdy Sambo Jadi Tersangka dalam Kasus Pembunuhan Brigadir J!

Manaberita.com – KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan penanganan terbaru...

  • Tue, 09 Aug 2022
Istri Ferdy Sambo Akan Diperiksa Komnas HAM Minggu Ini

Manaberita.com – ISTRI Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi (PC) dijadwalkan...

  • Tue, 09 Aug 2022
Ternyata Inilah Sosok Pemilik Indomaret yang Ada di Seluruh Indonesia

Manaberita.com – GERAI minimarket Indomaret sudah sangat dikenal oleh masyarakat...

  • Tue, 09 Aug 2022
Bharada E Tak Tolak Perintah Atasan untuk Tembak Brigadir J, Ini Alasanya

Manaberita.com – BARU-Baru ini Bharada E atau Richard Eliezer buka...

  • Tue, 09 Aug 2022
Polisi Tetapkan 3 Tersangka Dalam Kasus Pembunuhan Brigadir J

Manaberita.com – PIHAK kepolisian sampai saat ini masih terus mengusut...

  • Tue, 09 Aug 2022
LPSK Tak Hanya Asesmen Istri Sambo, Tapi Juga ke Bareskrim Temui Bharada E Hari Ini

Manaberita.com – LEMBAGA Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) akan mendatangi...

Press ESC to close