Manaberita.com – VIRAL di media sosial sebuah rekaman video yang memperlihatkan sekelompok orang yang mengaku hendak bekerja di Malaysia, akan tetapi malah dibuang ke hutan bakau tak berpenghuni oleh agen penyalurnya.

Menurut penuturan perekam video, mereka tiba di salah satu pulau di Sumatera Utara tersebut sekitar pukul 01.00 dini hari.

“Tengok ya, tengok, tengok. Kami dibuang di tempat ini, di Pulau Berombang. Kami dibuang. Tengok orang-orang ini semua. Kami nih bukan binatang lho, kami manusia,” ujar perekam video.

Melansir dari RancahPost, Dalam video itu terlihat ada beberapa migran yang bernasib sama dengan perekam video. Mereka yang berniat mengadu nasib di Malaysia malah terdampar di sebuah hutan bakau yang tidak berpenghuni yang lokasinya masih berada di Indonesia tepatnya di Sumatera.

“Tengok ya, tengok, tengok. Kami dibuang di tempat ini, entah apa nama tempat ini kami pun gak tahu,” ucap wanita perekam video.

“Pulang Berombang,” sahut seorang pria.

“Kami masih di Pulau Berombang. Kami dibuang. Tengok orang-orang ini semua. Kami nih bukan binatang lho, kami manusia,” ujar si wanita.

Menurutnya, ia sampai di pulau tersebut pada pukul 01.00 dini hari. Ia bersama beberapa irang lainnya ditinggalkan di pulau Sei Berombang, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhan Batu.

Mereka baru tahu nama pulau tersebut dari salah satu nelayan yang berada di lokasi untuk mengambil kayu bakau.

“Kami sampai sini pukul 1 malam, dan sekarang kami baru sampai di tepi pantai. Di tepi pantai kami jumpa sama nelayan yang mengambil kayu bakau. Di situlah kami tanya, bapak itu yang mengatakan bahwa tempat ini masih di Indonesia, di Sumatera,” jelasnya.

Wanita itu mengungkapkan bahwa orang-orang yang bersamanya ini baru sebagian dari migran yang dijanjikan bekerja di Malaysia. Masih banyak migran lain yang tak tahu bagaimana nasibnya sekarang.

Rekaman video tersebut viral salah satunya setelah dibagikan oleh akun Instagram @majeliskopi08 pada Senin, 9 Mei 2022.

“Beredar Video Calon Pekerja Migran dibuang oleh agen mereka di sebuah pulau menurut penuturan dalam video mereka diturunkan jam 1 malam di pulau sei berombang.kecamatan bilah hilir. Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara,” tulisnya.

Video tersebut langsung ramai dikomentari banyak warganet dan mereka menduga bahwa sekelompok orang yang dibuang ke hutan bakau itu merupakan korban penyaluran tenaga kerja ilegal.

nabilmahbuby_90, “Itu jalur ilegal, temen saya dulu pernah mengalami seperti itu.. bahkan mereka harus nyemplung turun dari perahu nya sampai ke tepi pantai. Kalo legal pasti lewatin kantor imigrasi dan pakai penyebrangan Ferry.”

la_gecong, “Knp juga pergi nyari kerja di luar…bukannya di negri sendiri banyak lapangan kerja, kata pemerintah..?”

paw_zan21, “Hindari Yg ilegal….Susah juga kalau ilegal …yg susah jg nanti pekerja nya…”

Baca Juga
Tak Sampai Target Bulanan, Sales Ponsel Terkenal di Indonesia Dipaksa Makan Terasi dan Jeruk Nipis
Main Ponsel di Atas Motor, Wanita ini Dijambret dan Meninggal Dunia
Begini Kabar Terbaru dari Joan Mir Usai Dikabarkan Keracunan Makanan

ivy08_30, “Semoga Bs plg ,ktmu klrga lg dan dpt pkerjaan yg baik👏👏👏👏”

(Rik)