Pria Ditangkap Di Luar Rumah Jurnalis Iran Di Brooklyn Dengan AK-47, Setahun Setelah Ancaman Penculikan

Manaberita.com – SEORANG pria ditangkap dengan senapan AK-47 di dekat rumah jurnalis Iran-Amerika dan komentator pemerintah Massey Alinejad di Brooklyn, New York, menurut dokumen pengadilan. Alinejad, yang menjadi sasaran rencana penculikan yang didukung Teheran tahun lalu, mengatakan dia “terkejut” dengan penangkapan minggu lalu, yang diumumkan akhir pekan lalu. “Saya tidak takut untuk hidup saya, tetapi apa yang terjadi di depan seluruh dunia dan terutama pemerintah AS sangat mengerikan,” kata Alinejad, Senin, berbagi video melanggar dengan jutaan pengikut media sosial.

Dilansir Aljazeera, Seorang agen FBI menulis dalam pengaduan yang diajukan di pengadilan federal Manhattan pada hari Jumat bahwa seorang pria bernama Khalid Mehdiyev telah menghabiskan dua hari minggu lalu di luar rumah Alinejad, dan pada satu titik berusaha untuk membuka pintu. Polisi menghentikannya setelah dia menjalankan tanda berhenti dan menemukan pistol di kursi belakang, menurut pengaduan. Pengaduan itu tidak mengidentifikasi Alinejad, tetapi dia mengkonfirmasi bahwa rumah yang dimaksud adalah miliknya. Dia bilang dia sekarang berada di lokasi yang aman.

Jaksa AS tahun lalu mendakwa empat warga Iran, yang diduga sebagai agen intelijen untuk Teheran, dengan rencana menculik Alinejad, yang telah berkontribusi pada layanan bahasa Persia Voice of America yang didanai pemerintah AS dan laporan tentang masalah hak asasi manusia di Iran. Teheran telah menolak tuduhan keterlibatan pemerintah dalam plot penculikan sebagai “konyol dan tidak berdasar”. Mehdiyev didakwa memiliki senjata api dengan nomor seri yang dilenyapkan. Seorang hakim memerintahkan dia ditahan tanpa jaminan pada sidang Jumat sore, catatan pengadilan menunjukkan. Pengacara Mehdiyev menolak berkomentar.

Setelah penangkapannya, Mehdiyev awalnya mengatakan kepada petugas penegak hukum bahwa dia tidak tahu apa-apa tentang senapan serbu dan bahwa dia berada di Brooklyn untuk mencari apartemen baru, menurut pengaduan tersebut. Tetapi dia kemudian mengatakan kepada penyelidik bahwa AK-47 adalah miliknya dan bahwa dia berada di Brooklyn “mencari seseorang”, bunyi pengaduan itu. Mehdiyev kemudian meminta pengacara dan menolak menjawab pertanyaan lebih lanjut. Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kriby pada hari Senin mengutuk “upaya nyata untuk menyakiti aktivis terkemuka Iran Masih Alinejad”.

Insiden itu terjadi ketika Washington dan Teheran berjuang untuk menemukan jalan untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir multilateral setelah hampir satu setengah tahun pembicaraan tidak langsung. Pada hari Senin, pemerintahan Biden mengumumkan babak baru sanksi terhadap perusahaan yang dituduh memfasilitasi penjualan produk minyak dan petrokimia Iran dari Iran ke Asia Timur.

[Bil]

Komentar

- Sponsored Ad -

Terbaru

  • Tue, 09 Aug 2022
Presiden Jokowi Minta Ungkap Terkait Kebenaran Kasus Brigadir J

Manaberita.com – PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) kembali buka suara terkait...

  • Tue, 09 Aug 2022
Sore Ini Kapolri Akan Umumkan Tersangka Baru Kasus Tewasnya Brigadir J

Manaberita.com – TIM khusus yang dibentuk oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit...

  • Tue, 09 Aug 2022
Wow! Untuk Pertama Kalinya Pengorbit Bulan Korea Selatan Diluncurkan Ke Luar angkasa

Manaberita.com – KOREA Selatan telah bergabung dalam perlombaan ke bulan dengan peluncuran...

  • Tue, 09 Aug 2022
Waduh! Latihan Militer China Dilanjutkan Di Sekitar Taiwan, Sangat Provokatif

Manaberita.com – CHINA telah melanjutkan latihan militer terbesarnya di perairan sekitar pulau...

  • Tue, 09 Aug 2022
Pengadilan Malaysia Membatalkan Keputusan Kewarganegaraan Khusus Bagi Perempuan

Manaberita.com – PENGADILAN banding Malaysia telah membatalkan keputusan penting bahwa perempuan harus...

  • Tue, 09 Aug 2022
Waduh! China Menjatuhkan Sanksi Kepada Ketua DPR AS Nancy Pelosi Atas Perjalanannya Ke Taiwan

Manaberita.com – CHINA mengumumkan sanksi yang tidak ditentukan terhadap Nancy Pelosi dan...

Press ESC to close