BUMN Luncurkan IWF Untuk Mempercepat Layanan Akses Air Bersih

  • Senin, 17 Oktober 2022 - 20:12 WIB
  • Nasional

Manaberita.com – KEMENTERIAN Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan Indonesia Water Fund (IWF)dalam mempercepat akses layanan air bersih bagi masyarakat.

Menteri BUMN Erick Thohir menyebutkan peluncuran IWF ini dilandai oleh hanya 23 persen orang Indonesia yang bisa mengakses air bersih. Selebihnya, terlalu sulit untuk mendapatkan air bersih karena harga yang cukup mahal.

“Hanya 23 persen populasi Indonesia telah mendapatkan akses air bersih, dan beberapa warga lainnya masih menghadapi ketidaksetaraan dari sisi harga air bersih dengan rentang antara Rp65 ribu hingga Rp140 ribu per meter kubik,” ujarnya dalam SOE International Conference secara virtual, Senin (17/10).

Melansir dari CNN Indonesia, Dalam hal ini, Erick menyebutkan program IWF tak akan menggunakan APBN sepeser pun. Anggaran untuk program ini akan didapatkan melalui skema kerja sama BUMN dan investor swasta baik dari dalam maupun luar negeri.

“Ke depannya, kami akan terus melakukan program-program yang berdampak langsung terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” imbuhnya.

Tak lupa, dalam acara ini Erick pun mengajak seluruh partisipan yang hadir dan berasal dari berbagai negara, salah satunya adalah mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair untuk ikut berpartisipasi dalam pembiayaan penyediaan air bersih di dalam negeri.

Baca Juga:
Ini Dia Upaya Pemkot Bandung Untuk Menangani Banjir Di Kawasan Pasar Induk Gedebage

“Melalui acara ini kami membuka akses seluas-luasnya untuk menjalin kerjasama dengan pemerintah, swasta dan mitra strategis global untuk berpartisipasi bersama dalam membangun ekosistem di Indonesia,” pungkasnya.

(Rik)

Komentar

Terbaru