Pertamina Bantah 3 Kru Kapal BBM Tewas

  • Minggu, 26 Maret 2023 - 19:25 WIB
  • Nasional

MANAberita.com – PT PERTAMINA International Shipping (PIS) membantah adanya tiga orang anak buah kapal (ABK) yang meninggal dunia dalam insiden kebakaran Kapal MT Kristin pengangkut BBM di perairan Kota Mataram, NTB.

Humas PIS Roberth Marcelino menyatakan jika ketiga orang ABK itu masih dalam pencairan lantaran diketahui melompat ke laut saat peristiwa kebakaran itu. Sementara 14 ABK lainnya berhasil dievakuasi yang dibantu oleh nelayan setempat.

“Untuk informasi tiga tewas belum ada ya karena tepatnya adalah terjun ke laut ‘abandon ship’ dan dari total 17 crew 14 sudah terevakuasi, tiga yang disebut tadi masih dalam tahap pencarian,” kata Robert.

Robert mengatakan saat ini kru yang selamat berada di terminal bahan bakar minyak (TBBM) Ampenan.

Robert menjelaskan dugaan awal kebakaran terjadi karena api yang berasal dari forecastle atau mooring deck depan saat kapal melakukan labuh jangkar.

Ia mengatakan Tim Emergency Response PIS terus berkoordinasi dengan kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) setempat, Pelindo, dan otoritas lainnya untuk proses evakuasi, penanggulangan kru kapal dan pemadaman.

“PIS menekankan perlunya mengutamakan dan menyerukan pentingnya aspek keselamatan dalam seluruh kegiatan operasional baik untuk kru kapal dan juga memastikan kargo muatan kapal,” ujarnya.

Baca Juga:
Update Terbaru Harga BBM saat Libur 1 Muharram 1445 H

Kapal MT Kristin merupakan kapal milik PT Hanlyn Jaya Mandiri yang saat ini tengah disewa oleh PIS untuk mengangkut BBM ke TBBM Ampenan dan TBBM Sanggaran.

Sebelumnya, informasi mengenai tiga orang ABK dikabarkan tewas dalam kebakaran Kapal MT Kristin disampaikan oleh Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) NTB Dady Sukmawan.

“Informasi yang saya terima ada tiga anak buah kapal yang meninggal dunia. Sebagian lagi sudah dievakuasi ke Pantai Ampenan. Total ada 17 anak buah kapal,” kata Dady.

Baca Juga:
Terjang Kebakaran Demi Selamatkan Laptop, Mahasiswa di Banjarmasin Tewas Terpanggang

Humas Kantor SAR Mataram I Gusti Lanang Wiswananda mengatakan kapal pengangkut BBM Pertamina itu terbakar di perairan yang tidak jauh dari Terminal BBM Ampenan Kota Mataram, NTB, sekitar pukul 15.30 WITA.

Hingga sore tadi api masih terlihat menyala. Kapal juga sudah menjauh dari Depo Pertamina Ampenan untuk menghindari ledakan karena di sekitarnya juga ada perahu-perahu nelayan.

(sas)

Komentar

Terbaru