Tips Atasi Perbedaan Pendapat dengan Pasangan

MANAberita.com – MEMILIKI perbedaan pendapat dari berbagai aspek dengan pasangan hal biasa dan sering terjadi. Sebab, Anda dan pasangan memang terbentuk dari latar belakang yang berbeda.

Perbedaan pendapat dengan pasangan bisa terjadi karena banyak faktor. Salah satunya tak satu pandangan dalam menilai karakter seseorang, atau memiliki cara berbeda ketika memberi respons kepada orang lain.

Terlepas dari apa pun penyebabnya, perbedaan pendapat itu akan selalu terjadi dan tak dapat dihindarkan. Lantas, bagaimana cara mengatasi perbedaan pendapat dengan pasangan agar tak ada salah paham dan berujung konflik? Daripada hubungan asmara Anda jadi korban, sebaiknya diatasi dengan cara ini.

1. Saling membuka diri
Anda dan pasangan harus bisa saling membuka diri dan belajar menghargai perbedaan pendapat masing-masing.

Dalam konteks ini, pendapat apa pun yang disampaikan pasangan jangan langsung dinilai salah hanya karena tidak sesuai dengan pemikiran Anda.

Selama pendapat dari pasangan tidak terlalu menyimpang maka hal itu tak perlu diperdebatkan panjang.

2. Tetap bersikap penuh kasih sayang
Ketika mengalami perbedaan pendapat dengan pasangan, Anda jangan menunjukkan sikap defensif karena cara itu bisa membuat pasangan jadi tidak percaya diri.

Baca Juga:
10 Tanda yang Membuktikan Jika Kamu dan Pasanganmu Benar-Benar Berjodoh!

Sikap defensif yang cenderung antikritik dan sulit menerima pendapat orang lain, justru akan membuat diri Anda jadi terlihat kekanak-kanakan.

Sebaiknya Anda tetap bersikap penuh kasih sayang dengan menjadi pendengar baik dan memberi respons yang tidak menjatuhkan.

3. Berargumen secara sehat
Perbedaan pendapat dengan pacar memang bisa memicu argumen. Boleh saja Anda saling beradu argumen tentang suatu hal, asal tidak saling memojokkan satu sama lain.

Cobalah berargumen secara sehat dan menyampaikan pendapat masing-masing dengan pembawaan santai, lalu menjelaskan juga alasan terkait pendapat tersebut.

Baca Juga:
Tips Memiliki Kuku Panjang dan Indah

Dengan begitu, Anda dan pasangan jadi tahu alasan masing-masing kenapa pendapat di antara kalian berdua bisa berbeda.

4. Mau bersikap menerima dan tidak menuntut
Tips mengatasi perbedaan pendapat dengan pacar yang terakhir yaitu bersikap mau menerima dan tidak menuntut.

Dengan bersikap saling menerima meski berbeda pendapat, Anda jadi bisa melihat sisi lain dari pasangan yang mungkin tidak diketahui sebelumnya.

Selain itu, jangan bersikap menuntut seolah-olah pendapat Anda paling benar. Perlu diingat bahwa setiap individu terlahir dan terbentuk dari berbagai latar belakang, sehingga perbedaan sangat wajar.

Baca Juga:
Yuk, Bikin Milo Cube Sendiri! Murah, Mudah dan Sama Enaknya

5. Jangan mudah baper
Tips mengatasi perbedaan pendapat dengan pacar selanjutnya yaitu tidak baper atau mudah terbawa perasaan.

Apabila pendapat Anda dikritik oleh pasangan, jangan langsung dimasukkan ke dalam hati. Kritiknya itu bukan berarti tidak menghargai pendapat Anda.

Terkadang, pasangan mencoba mengkritik suatu pendapat hanya karena ia ingin membangun cara berpikir yang berbeda supaya bisa mendapat pengetahuan lain dari diri Anda.

(sas)

Komentar

Terbaru