Dalam Langkah Kesehatan Masyarakat Yang Utama, Australia Melarang Vaping Pada Tempat Rekreasi

Manaberita.com – DALAM upaya memerangi apa yang oleh para ahli disebut sebagai “epidemi”, vaping rekreasional akan dilarang di Australia. Selain itu, akan ada persyaratan kualitas minimum yang ditetapkan, dan hanya apotek yang diizinkan menjual vape. Di Australia, vape nikotin sudah tunduk pada resep; namun, pasar tidak diatur dengan baik dan berkembang pesat di pasar gelap. Menurut Menteri Kesehatan Australia Mark Butler, produk tersebut mendorong generasi baru pecandu nikotin.

Melansir dari BBC, Vape, juga disebut sebagai rokok elektrik, memanaskan cairan, biasanya mengandung nikotin, mengubahnya menjadi uap yang dihirup pengguna. Mereka sering dipandang sebagai produk untuk membantu perokok menyerah. Popularitas vape sebagai produk rekreasi telah meroket di Australia, terutama di kalangan anak muda di perkotaan. Mirip dengan bagaimana mereka menangani merokok. “Big Tobacco telah menciptakan generasi baru pecandu nikotin dengan mengambil produk adiktif lainnya, membungkusnya dalam kemasan yang menarik, dan menambahkan rasa manis.

Karena tidak mengandung tembakau berbahaya, vape dianggap lebih aman daripada rokok tradisional. Faktanya, pemerintah Inggris memberikannya secara gratis kepada beberapa perokok sebagai bagian dari program “tukar untuk berhenti”. Profesional kesehatan memperingatkan bahwa vape tidak bebas risiko karena sering mengandung bahan kimia dan karena masih belum jelas apa efek jangka panjangnya. Menurut pemerintah Australia, mereka menimbulkan ancaman bagi kesehatan masyarakat karena secara tidak proporsional mempengaruhi kaum muda, banyak dari mereka tidak pernah merokok.

Baca Juga:
10 Cara Mengatasi Sariawan yang Ampuh Banget!

Menurut penelitian, satu dari empat orang dewasa berusia antara 18 dan 24 tahun dan satu dari enam orang Australia berusia antara 14 dan 17 tahun yang melakukan vape. Tuan Butler, 52, mengklaim bahwa hanya 1 dari 70 orang seusianya yang melakukan vape. Mudah diakses “bersama lolipop dan cokelat batangan” di toko ritel, dia mengklaim produk tersebut sengaja dipasarkan untuk anak-anak. “Masalah perilaku nomor satu” di sekolah menengah, lanjutnya, adalah vaping. Menurut media Australia, beberapa orang sudah mulai memasang detektor vape di kamar mandi.

Pemerintah federal akan bekerja sama dengan pemerintah negara bagian dan teritori mengenai potensi denda untuk kepemilikan rokok elektrik kecuali resep telah diberikan, menurut menteri kesehatan. Reformasi membuat undang-undang yang sudah ketat menjadi lebih ketat. Undang-undang anti-merokok terkuat di dunia sudah ada di Australia. Pada hari Selasa, Tuan Butler membandingkan perubahan baru-baru ini pada industri vaping dengan langkah-langkah yang diambil untuk menurunkan tingkat merokok di Australia ke salah satu tingkat terendah di antara negara maju.

Semua vape sekali pakai dilarang sebagai bagian dari reformasi, dan produk non-resep diimpor dengan kewaspadaan yang lebih tinggi. Produk vaping yang masih legal membutuhkan resep dokter, dan kemasannya harus menyerupai apotek. Juga akan ada batasan jenis rasa, warna, kadar nikotin, dan bahan lainnya. Tuan Butler menyatakan, “Tidak akan ada lagi unicorn merah muda, rasa permen karet, atau vape yang terlihat seperti pena stabilo yang dapat disembunyikan anak-anak di kotak pensil mereka.”.

Baca Juga:
Keluarkan Ingus Terlalu Kuat, Wanita ini Malah Alami Kebutaan

Namun, dia menambahkan bahwa pemerintah juga akan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan resep untuk “penggunaan terapeutik yang sah”. Jadwal pelaksanaan akan diinformasikan kemudian. Vaping dilarang di sejumlah kecil negara lain, termasuk Singapura dan Thailand, dan regulator obat-obatan Australia, Therapeutic Goods Administration, telah menganjurkan reformasi. Untuk generasi baru Australia, perubahan itu dapat “membalikkan epidemi rokok elektrik dan mencegah sejarah terulang kembali,” menurut Dewan Kanker.

Australia harus melonggarkan undang-undangnya, menurut beberapa politisi, organisasi bisnis, dan profesional perawatan kesehatan. David Littleproud, pemimpin Partai Nasional, sebelumnya berpendapat bahwa negara harus mengadopsi strategi Selandia Baru dan mengatur vape nikotin dengan cara yang mirip dengan cara mengatur rokok. Yang lain menyatakan keprihatinan bahwa lebih banyak orang akan beralih ke pasar ilegal yang tidak diatur sebagai akibat dari peraturan yang lebih ketat.

[Bil]

Komentar

Terbaru