Berikut Tips Olahraga Demi Hempas Kolesterol dan Tensi Tinggi Pasca Idul Adha

MANAberita.com –  PERAYAAN Idul Adha tentu tak lepas dari tradisi penyembelihan hewan kurban. Momen ini yang membuat menu masakan tak pernah jauh dari olahan daging kambing maupun sapi.

Makan daging sapi ataupun kambing secukupnya memang dapat memberikan manfaat baik bagi tubuh. Tapi jika terlalu berlebihan, justru dapat memicu meningkatnya kadar kolesterol dan darah tinggi.

Meski tak dapat dipungkiri rasa malas masih sering menghampiri, namun olahraga tetap harus dilakukan demi mencegah meningkatnya kadar kolesterol dan darah tinggi.

Dilansir dari laman CNN Indonesia, berikut ini tips olahraga pasca lebaran untuk menjaga kadar kolesterol dan darah tinggi.

1. Temukan Motivasi
Temukan motivasi yang kuat untuk berolahraga. Motivasi akan mendorong Anda lebih bersemangat berolahraga setelah Lebaran. Misalnya, motivasi untuk menjadi lebih sehat, lebih kurus, lebih bugar, atau tampil lebih menarik.

Lalu, bulatkan tekad untuk bersungguh-sungguh menjalani olahraga dan gaya hidup yang sehat.

2. Buat Jadwal Olahraga
WHO merekomendasikan setiap orang dewasa berolahraga 150 menit setiap minggu dengan intensitas ringan hingga sedang. Waktu ini dapat dibagi menjadi 3-5 kali seminggu.

Anda bisa membuat jadwal olahraga setelah lebaran setiap 3 kali atau 5 kali dalam seminggu dengan durasi 30-60 menit setiap hari. Anda bisa berolahraga di pagi, siang, sore, atau malam hari. Sesuaikan dengan jadwal dan aktivitas Anda.

Baca Juga:
Ingin Tetap Sehat Meskipun Makan Gorengan, Ikuti Tips Dari Dokter Jantung Ini

3. Pilih Olahraga yang Disukai
Untuk menghilangkan rasa malas gerak, Anda bisa mulai untuk melakukan olahraga yang disukai. Tentunya itu akan membuat olahraga jadi lebih mudah dan menyenangkan. Jika suka menari, pilihlah olahraga seperti zumba. Jika suka bela diri, dapat mencoba muay thai. Atau jika Anda ingin berolahraga sekaligus melihat-lihat pemandangan, Anda bisa mulai lagi bersepeda.

4. Mulai dengan Olahraga Intensitas Ringan
Mulailah olahraga dengan intensitas ringan. Jangan paksakan diri untuk mencoba olahraga yang berat. Sebaiknya, biasakan tubuh dengan berolahraga dan naikkan intensitas olahraga secara bertahap. Cara ini juga akan membuat tubuh lebih terpacu.

5. Pemanasan dan pendinginan
Selalu mulai olahraga dengan pemanasan untuk mencegah cedera. Pemanasan juga akan membuat tubuh lebih lentur saat berolahraga.

Baca Juga:
Makan Sendirian Tak Baik untuk Kesehatan, Ini Alasannya

Akhiri pula olahraga dengan pendinginan atau cooling down. Pendinginan membuat otot-otot menjadi lebih rileks serta mencegah keram dan cedera.

Itulah tips olahraga pasca lebaran Idul Adha yang bisa Anda terapkan. Selain olahraga, Anda juga mengimbanginya dengan pola makan sehat, tidur yang cukup, dan mengelola stres agar kebugaran badan tetap terjaga.

(sas)

Komentar

Terbaru