Jokowi Sebut Dirinya Bukan Lurah

  • Kamis, 17 Agustus 2023 - 05:13 WIB
  • Nasional

Manaberita.com – Joko Widodo Presiden Republik Indonesia, menyinggung sosok “Pak Lurah” terkait calon presiden dan calon wakil presiden dalam pemilihan presiden atau Pilpres 2024.

Jokowi mengaku heran siapa sosok “Pak Lurah” yang disampaikan para politikus tersebut. Belakangan ia mengetahui bahwa sosok Pak Lurah tersebut ternyata dirinya.

“Setiap capres-cawapresnya, jawabannya, ‘Belum ada arahan Pak Lurah.’ Saya sempat mikir siapa ini Pak Lurah? Sedikit-sedikit Pak Lurah. Belakangan saya tahu yang dimaksud Pak Lurah itu saya,” kata Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (16/8).

Melansir dari CNN Indonesia, Jokowi menegaskan ia tak punya peran apa pun dalam pilpres. Dia tak mau ikut campur karena proses pemilu adalah urusan partai politik.

Baca Juga:
Blok Afrika Barat Akan Mengadakan KTT Luar Biasa di Guinea

Jokowi pun mengulang pernyataan beberapa waktu lalu dan menegaskan lagi bahwa dirinya bukan lah ketua umum partai politik.

“Saya bukan Pak Lurah, saya Presiden Republik Indonesia,” tegas Jokowi.

“Ternyata Pak Lurah itu, kode. Tapi perlu saya tegaskan, saya ini bukan Ketua umum parpol, bukan juga Ketua koalisi partai dan sesuai ketentuan Undang-Undang yang menentukan Capres dan Cawapres itu Parpol dan koalisi parpol,” ucapnya menambahkan.

Baca Juga:
PKB: Penundaan Pemilu Bukan Berarti Menambah Batasan Jabatan Presiden

Sebelumnya, Jokowi sering dikaitkan dengan Pilpres 2024. Dia disebut-sebut mengarahkan dukungan ke beberapa kandidat presiden.

Jokowi memang ikut dalam deklarasi bakal calon presiden PDIP Ganjar Pranowo. Jokowi juga beberapa kali menyebut Prabowo Subianto sebagai menterinya yang akan menjadi calon presiden.

(Rik)

Komentar

Terbaru